Warga Cicalengka Bandung Dihebohkan Adanya Jamur Raksasa, Sempat Dikira Batu

Selasa, 05 Oktober 2021

Jamur berukuran jumbo yang tumbuh di halaman rumah salah satu warga di Cicalengka, Kabupaten Bandung. (Foto: Detik.com)

BANDUNG, Riautribune.com - Warga Cicalengka, Kabupaten Bandung dihebohkan dengan adanya jamur raksasa tumbuh di halaman rumah.

Salah satu penghuni rumah, Safitri Gunawan (19) mengatakan, tumbuhan jamur sering muncul di halaman tempat tinggalnya. Tapi, jamur yang saat ini muncul bertumbuh besar dibandingkan tahun sebelumnya.

Saat ini, jamur raksasa tersebut menjadi tontonan warga yang penasaran ingin melihat langsung dari dekat.

"Awalnya emang kata pengurus kebun ini pernah ada, cuma nggak sebesar kaya sekarang ini. Hampir ada tiga kali, cuma nggak segede ini," ujar Safitri, Selasa, 5 Oktober 2021.

Jamur bernama ilmiah Phlebopus Marginatus itu berwarna gelap kecoklat-coklatan. Lebarnya sekitar 30-40 sentimeter dan tinggi 15-20 sentimeter. Beratnya diperkirakan tiga kilogram.

Jamur raksasa ini tumbuh liar di sela-sela tanaman serai. Ada empat jamur yang tumbuh di sana, namun hanya satu yang jumbo tersebut.

Safitri awalnya mengira tanaman itu batu. "Aneh lah, awalnya dikira batu kuning. Setelah didekati, ternyata jamur," ucap Safitri.

Untuk saat ini, tanaman tersebut tidak dirawat atau dikonsumsi layaknya jamur lainnya. Safitri dan keluarga mengaku khawatir mengonsumsi jamur raksasa tersebut.

"Enggak, jijik sih. Biarin jamurnya sampai mati saja," kata dia.