Terseret Kasus Penipuan dan Penyerobotan Lahan, Walikota Pekanbaru Terancam DIlaporkan ke Polisi

Senin, 04 Oktober 2021

https://youtu.be/r4Zi9s2WKTk

PEKANBARU, Riautribune.com - Nama walikota Pekanbaru, Firdaus MT terseret dalam kasus dugaan penipuan dan pemalsuan surat tanah yang dilakukan pelaku berinisial SJ. SJ sendiri dikabarkan sudah ditangkap oleh aparat Polda Sumatera Utara. SJ ditetapkan Tersangka atas perkara penipuan terhadap AK yang dijanjikan kebun Durian Musang King dan lahan di atas tanah H. Sulaiman.

Terseretnya Walikota Firdaus dalam kasus ini karena tetap nekat ikut meresmikan kegiatan penanaman tanaman Porang di lahan yang diserobot tersangka Sj. Padahal sebelumnya, H Sulaiman selaku pemilik lahan telah mensomasi Walikota Firdaus dan meminta untuk tidak melakukan peresmian kegiatan tersebut.

Menurut DT Nouvendi SK, SH, Kuasa Hukum H Sulaiman kepada wartawan, banyak informasi yang mengatakan Walikota memiliki tanah di lahan tersebut, karena itu Walikota terlihat sangat aktif melakukan kegiatan di lahan itu.

"Jadi ini kasus sebenarnya sudah lama kami ungkap. Kami sudah pernah lapor ke polisi, sudah kami ekspos ke media, tapi ternyata Wali Kota Pekanbaru tetap menutup mata. Ia malah terlihat aktif mengupayakan agar lahan ini dikelola. Pemerintah Kota bahkan sampai menurunkan alat berat ke sana. Ini seakan menunjukkan bahwa Wali Kota Firdaus membekingi tindakan Sj tersebut," ujar Nouvendi saat dihubungi Riautribune.com.

Karena itu, Nouvendi mengatakan pihaknya akan melakukan upaya hukum baik terhadap tersangka SJ, Walikota Pekanbaru bahkan Kepala Dinas, Camat hingga Lurah. Nouvendi Mengklaim telah mengantongi bukti adanya dugaan keterlibatan Walikota dalam mempermudah tersangka SJ membuat surat-surat atas tanah yang diserobotnya.

Nouvendi mengapresiasi kinerja Polda Sumut yang telah gerak cepat menangkap Sujono, karena menurut Penyidik dia diduga berusaha hendak melarikan diri.

"Ditangkapnya Sujono oleh Polda Sumut membuktikan kesombongannya  selama ini menyebutkan dirinya tidak akan ditangkap sudah terbantahkan, itu bukti tidak ada yang kebal hukum, karena dimata hukum semua sama," tutupnya.

Kedekatan DR H Firdaus ST MT dengan Sj memang sudah bukan rahasia lagi. Foto-foto kebersamaan keduanya kerap muncul di media. Bahkan saat keduanya meninjau lahan bermasalah tersebut.  Firdaus bahkan sempat memberikan testimoni saat SJ ikut dalam bursa pemilihan  ketua DPD REI Riau periode 2017-2020 lalu.

Meski berita ini sudah ramai diberitakan media, namun belum ada klarifikasi disampaikan pihak Walikota Pekanbaru tersebut.***