Wow, Sanggar Syrih Rilis Video Klip Unilak Jaya Versi Hip-Hop

Jumat, 01 Oktober 2021

Foto: Ilustrasi

PEKANBARU, Riautribune.com – Unit Kegiatan Mahasiswa Sanggar Syrih Universitas Lancang Kuning merilis video klip untuk lagu Unilak Jaya dengan konsep yang berbeda, yaitu hip-hop. 

Video klip ini dirilis di akun Youtube official Sanggar Syrih, pada hari kamis 30 September 2021, dan telah mencapai lebih dari 230 views kurang dari 24 jam.

Director Robbi Septiawan, S.Hum, Jum'at (1/10), mengungkapkan lagu yang diciptakan oleh Samian, S.Hum pada tahun 2017 lalu. Konsep dari video klip lagu unilak jaya versi hip-hop ini lebih kekinian tanpa meninggalkan Budaya Melayu, 

Terlihat dari segi pakaian dan ditampilkan silat, tari dan kegiatan tradisional orang Melayu yang menu buka sagu atau beras pakai lesung.

“Ini semua melibatkan unsur seni di UKM Sanggar Syrih Unilak seperti seni teater, tari, musik, sastra, dan seni rupa. Sekarang ini banyak kita melihat di media sosial, perpaduan-perpaduan Kebudayaan dengan musik kekinian yang menunjukkan unsur lokal tradisional. Kami melihat dan mengikuti perkembangan zaman, jadi kami merasa tertantang untuk membuat sesuatu itu dengan menampilkan Budaya kita, yaitu Budaya Melayu Riau,” katanya.

Robbi menambahkan, cukup lama proses yang dibutuhkan dalam memproduksi video klip ini. Sudah melakukan perencanaan sejak bulan Juni, di akhir September baru bisa merilisnya.

“Prosesnya juga melibatkan banyak pihak, dari busana pakaian Melayu dan Tanjak itu dari Serai Serumpun dan Wak Tanjak (Tanjak Warisan), alat musik dari Dewan Kesenian Riau, Sagara, Kesara ikut serta membantu dalam pembuatan video klip ini, kolaborasi musik Leman Le Q dan Ompek Productions. Humas unilak juga membantu dalam pengambilan gambar. Crew dan talent yang terlibat dalam proses syuting ini sekitar 25 orang. Alahamdulillah teman-teman UKM semangat untuk berkarya,” tambahnya. (Dirga)