Ini 7 Kampus Terbaik di Indonesia 2021 versi MosIUR

Rabu, 29 September 2021

JAKARTA, Riautribune.com - Moscow International University Ranking 'Three University Missions', (MosIUR) baru saja merilis daftar peringkat universitas terbaik di dunia 2021. MosIUR adalah lembaga pemeringkatan universitas asal Rusia.

Berdasarkan pemeringkatan MosIUR, terdapat tujuh universitas asal Indonesia yang masuk dalam jajaran universitas terbaik yang mampu bersaing dengan lebih dari 2000 universitas di seluruh dunia.

Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mendapat predikat sebagai kampus terbaik di Indonesia. UGM unggul dari Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia yang menduduki peringkat kedua dan ketiga sebagai universitas terbaik di Indonesia versi MosIUR.

MosIUR memberikan penilaian berdasarkan pendidikan (45 persen), penelitian (25 persen), serta indikator universitas dan masyarakat (30 persen).

Berikut tujuh universitas terbaik di Indonesia versi MosIUR:

1. Universitas Gadjah Mada
UGM berada di peringkat 601-650 sebagai univeristas terbaik di dunia dan nomor satu di Indonesia.

"Perangkingan oleh berbagai lembaga merupakan perbandingan posisi UGM relatif terhadap universitas-universitas lain di dunia. Ranking yang diperoleh untuk setiap perangkingan kami jadikan alat evaluasi untuk bagian-bagian mana yang harus mendapat perhatian lebih banyak," kata Rektor UGM Panut Mulyono, dikutip dari situr resmi UGM.

2. Institut Teknologi Bandung
ITB berada di peringkat 701-800 versi dunia, sementara untuk universitas di Indonesia, kampus ini berada di urutan kedua.

3. Universitas Indonesia
Tak berbeda dengan ITB, UI juga berda di kelompok urutan 701-800 kampus terbaik di dunia. Sementara di Indonesia kampus ini berada di urutan ketiga

4. Universitas Airlangga
Di dunia, Universitas Airlangga berada di urutan 1301-1400. Sementara di Indonesia, kampus ini berada di urutan keempat.

5. Universitas Padjadjaran
Berada di urutan antara 1401-1500 versi dunia. Unpad berada di urutan kelima sebagai kampus terbaik versi MosIUR di Indonesia.

6. Institut Pertanian Bogor
Berada di urutan antara 1591-1650 versi dunia, di Indonesia IPB menempati urutan keenam.

7. Institut Teknologi Sepuluh November
Kampus ini berada di urutan 1501-1650 versi dunia. Sementara di Indonesia, kampus ini menempati posisi ketujuh.*