Tekan Angka Kecelakaan di Tol Permai, Ini Yang DIlakukan Hutama Karya

Senin, 27 September 2021

Salah satu kecelakaan yang terjadi di Tol Permai

PEKANBARU, Riautribune.com - Pemasangan rumble strip (marka kejut) dan lampu flip flop terus ditambah di ruas jalan Tol Pekanbaru - Dumai (Permai). Hal ini dilakukan PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola Jalan agar tingkat kecelakaan di jalan tol tersebut dapat ditekan seminimal mungkin.

"Hingga kini, kita [HK] telah melakukan pemasangan rumble strip dan lampu flip flop di sepanjang ruas tol Permai. Dan ini merupakan bentuk pelayanan kami, yang bertujuan untuk memberikan keamanan dan kelancaran bagi seluruh pengendara yang melintasi tol, sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan," kata Branch Manager (BM) Tol Permai, Indrayana, Senin (27/9/21).

Dijelaskannya, untuk pemasangan rumble strip ada sebanyak 20 titik lokasi, dan lampu flip flop sebanyak 15 titik lokasi. Kedua alat itu dipasang di ruas-ruas rawan kecelakaan. "20 titik Rumble Strip terdapat di Gerbang Tol (GT) Minas 5 titik, GT Kandis Selatan sebanyak 5 titik, GT Kandis Utara 6 titik, dan GT Pinggir 4 titik. Sedangkan Lampu Flip Flop terdapat di GT Minas sebanyak 4 titik, Kandis Selatan 1 titik, GT Kandis Utara 4 titik, GT Pinggir 3 titik, dan GT Dumai 3 titik," terangnya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa HK juga melakukan pemasangan papan himbauan melalui VMS di beberapa ruas to Permai supaya dapat di patuhi oleh seluruh pengendara yang melintas di tol.

"Seperti imbauan ngebut, nyawa melayang. Ada juga imbauan tamakan keselamatan', kecapatan maksimal 80 KM/jam, dan minimum 60 KM/jam," sebutnya.

Sementara itu, tambahnya, pengguna tol Permai didominasi oleh kendaraan golongan 1 (pribadi) dibandingkan kendaraan lain.

"Adapun persentasenya yaitu kendaraan golongan 1 sebanyak 79,64 persen, golongan 2 sebanyak 10,23 persen, golongan 3 sebanyak 8,37 persen, golongan 4 sebanyak 0,95 persen, dan golongan 5 sebanyak 0,80 persen," tutup Indra sebagaimana dirilis media center Riau.***