Dinkes dan Polres Siak Gelar Serbuan Vaksinasi Presisi di Perawang, 1250 Dosis Disiapkan

Ahad, 26 September 2021

Suasana vaksinasi di Siak

SIAK, Riautribune.com - Dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Siak, Polres Siak bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Siak kembali melakukan vaksinasi massal. 

Kegiatan yang bertajuk 'Serbuan Vaksinasi Presisi' ini dilakukan di GOR Tualang, Jalan lintas Perawang-Minas kilometer 10 kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, Minggu 26 September 2021.

Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto SIK MH, mengatakan vaksinasi massal ini merupakan program nasional untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Demi terwujudnya herd immunity di negeri Istana Matahari dari Timur.

Mantan Kasubdit Paminal Bid Propam Polda Riau itu menjelaskan, Serbuan Vaksinasi Presisi yang digelar hari ini diwacanakan dengan target 1250 kuota peserta, dengan dosis vaksin Sinnovac.

"Giat ini kita gelar dengan tujuan demi terwujudnya 'herd immunity' dan upaya memutus rantai penyebaran Covid 19. Hari ini kita targetkan 1250 peserta yang kita pusatkan di GOR Tualang," ungkap Pimpinan Kepolisian wilayah Hukum Polres Siak itu kepada Riautribune.com.

Lanjutnya menyampaikan, untuk pendaftaran peserta sudah didata terlebih dahulu oleh bhabinkamtibmas disetiap kampung (desa) agar tidak terjadinya desak-desakan dilokasi kegiatan Vaksinasi. 

"Alurnya itu, peserta didata dahulu oleh bhabinkamtibmas dan RT atau RW, kemudian peserta tinggal membawa fotocopy KK dan KTP sesuai dengan yang telah didata sebelumnya," terangnya.

"Bagi masyarakat yang belum terdata untuk hari ini belum bisa mengikuti vaksin. Namun jangan khawatir giat ini akan menjadi giat rutin, segera daftarkan data diri kepada RT atau RW dan juga bhabinkamtibmas agar saat kegiatan Vaksinasi berikutnya dapat mengikuti vaksinasi," sambungnya.

Perwira Akpol tahun 2001 itupun mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan meskipun sudah divaksin.

"Meski sudah divaksin, protokol kesehatannya jangan dilanggar yaa, tetap jaga kesehatan," imbaunya dengan ramah.

Sementara itu, Kadiskes Kabupaten Siak Dr Tony Chandra menyampaikan, kegiatan Vaksinasi yang digelar berkat kerjasama dengan pihak kepolisian dengan dosis Vaksin Sinovac.

"Hari ini, kita turunkan 10 tim kesehatan yang terdiri dari puskesmas Tualang, Puskesmas Perawang, dan RS tipe D Perawang, serta dibantu oleh 2 tim Kepolisian dari Polres Siak dan Polsek Tualang," sebutnya.

Lanjutnya menyampaikan, 1250 peserta vaksin yang mengikuti 'serbuan vaksinasi presisi' ini nantinya akan mengikuti vaksin suntikan kedua terhitung 28 hari kedepan.

"Bagi peserta yang divaksin hari ini, nantinya pada tanggal 24 Oktober 2021 akan kembali kita lakukan vaksin suntik kedua dengan dosis vaksin Sinnovac," jelasnya.

Kadiskes Siak itu juga mengucapkan terimakasih kepada pihak kepolisian dan Panitia yang telah mendukung penuh program pemerintah dalam upaya mencapai herd immunity.

"Terima kasih Polres Siak, terima kasih seluruh panitia yang telah mensukseskan vaksinasi masal ini, semoga penyebaran Covid 19 ini segera berakhir," ungkapnya.***