Masyarakat Antusias dan Ikuti Serbuan Vaksinasi TNI-Polri di RSUD Tengku Rafi'an Siak

Kamis, 23 September 2021

Suasana vaksin di RS T Rafian

SIAK, Riautribune.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hadiri Kegiatan Serbuan Vaksinasi Nasional TNI-Polri di RSUD Tengku Rafi'an Siak Sri Indrapura, Kamis 23 September 2021 pagi. 

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Aula RSUD Tengku Rafi'an Siak ini terselenggara berkat kerjasama TNI berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak dalam rangka mempercepat target pemerataan vaksinasi di Kabupaten berjuluk Negeri Istana Matahari dari Timur.

Hadir langsung pada giat tersebut, Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadianto SIK MH, Kajari Siak Dharma Bella Tymbaz SH MH, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia yang diwakili oleh Danramil 12 Sabak Auh Kapten Inf L. Tobing, Kadiskes Siak Dr. Tony Chandra.

Mewakili Dandim 0303 Bengkalis, Kapten Inf. L Tobing mengatakan, kegiatan Vaksinasi ini digelar selama 2 hari, dengan target sebanyak 300 orang dihari pertama, dan 290 orang di hari kedua.

"Kita bekerjasama dengan RSUD Siak dalam rangka mempercepat target pemerataan vaksinasi di Kabupaten Siak. Ini akan kita gelar mulai hari ini Kamis 23 September hingga Jum'at 24 September 2021," ungkapnya.

Ia pun berharap, masyarakat yang sudah didata sebelumnya dapat tertib mengikuti alur pendaftaran hingga disuntik vaksin dan keluar dari rumah sakit setelah di vaksin.

"Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, kita bersama pihak RSUD Tengku Rafi'an, menerapkan sistem tunggu dan nomor antrian agar tidak terjadi penumpukan masyarakat di ruangan vaksin, dan sama-sama kita lihat protokol kesehatan ketat kita terapakan dalam kegiatan ini," pungkasnya.

Di lokasi yang sama, Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadianto SIK MH, menyampaikan bahwa upaya percepatan target pemerataan vaksinasi terus digalakkan. TNI-Polri dan pemerintah daerah terus mengontrol Positivity rate, testing dan tracing dengan tujuan menekan angka penyebaran Covid 19.

"Alhamdulillah, kesadaran masyarakat untuk vaksin cukup tinggi saat ini. Dan hari ini masyarakat tertib mengikuti arahan Prokes saat mengikuti vaksinasi di RSUD ini. Mudah-mudahan harapan kita bersama agar penyebaran Covid 19 ini segera terputus dapat segera terwujud," ungkapnya.

Dalam kunjungan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah berupaya maksimal untuk mensukseskan terselenggaranya vaksinasi yang digelar di RSUD Tengku Rafi'an ini.

"Terimakasih kepada pihak TNI Kodim 0303 Bengkalis dan RSUD Siak, serta Polres Siak dan tim kesehatan atas terselenggaranya kegiatan serbuan vaksinasi ini, semoga masyarakat kita menjadi lebih antusias dan tetap semangat dalam mengentaskan covid 19 ini," sebutnya.

Sementara itu, direktur RSUD Tengku Rafi'an Siak dr. H. Benny Chairuddin, Sp.An,. M.Kes, mengucapkan terima kasih kepada TNI yakni Kodim 0303 Bengkalis yang telah hadir dan sukses menggelar vaksinasi untuk masyarakat Kabupaten Siak, demi percepatan target pemerataan vaksinasi.

"Terima kasih kepada pihak TNI yang telah memilih RSUD Tengku Rafi'an sebagai tempat untuk menggelar vaksinasi. Hari ini sama-sama kita lihat, masyarakat antusias dan tertib mengikuti setiap tahapan vaksinasi. Mulai dari mematuhi protokol kesehatan, hingga mengatur jarak saat mengantri giliran untuk divaksin," ungkapnya.

Dr. Benny juga menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan 5M, meskipun sudah menerima vaksin. Serta berhati-hati saat melakukan kegiatan sehari-hari terutama saat berada ditempat-tempat keramaian. 

"Meski sudah divaksin, tetap patuhi protokol kesehatan ya pak, buk," imbaunya dengan ramah kepada masyarakat.

Diketahui, kegiatan vaksin dosis pertama yang digelar di Aula RSUD Tengku Rafi'an Siak ini merupakan Vaksin Sinovac. Untuk dosis kedua diwacanakan akan digelar pada tanggal 20 Oktober 2021 mendatang.***