Raih Medali Emas Dalam Ajang FLS2N, SMA Negeri 8 Pekanbaru Beri Apresiasi Kepada Siswanya

Senin, 06 September 2021

Saffana

PEKANBARU, RiauTribune.com - Berlaga di ajang bergengsi level Nasional tak menyurutkan semangat putra putri Riau untuk turut serta. Seperti halnya Festival Lomba Siswa Siswa Nasional (FLS2N) yang diikuti oleh banyak siswa sekolah baik negeri maupun swasta.

Saffana Nur Astutiningtias, adalah siswa SMA Negeri 8 Pekanbaru, telah berhasil mendapatkan medali emas untuk lomba desain poster untuk tingkat SMU dalam FLS2N.

Perlombaan yang diadakan secara daring pun tak menyurutkan semangat siswi kelas 11 ini dalam berlatih sejak bulan Mei 2021 lalu, dengan bimbingan dari Ardiansyah, M.Pd selaku Guru Seni Rupa di sekolahnya.

Hal ini pun mendapat apresiasi yang besar dari pihak sekolah, terutama dari Kepala Sekolah, H Tavip Tria Candra, S.Pd., MM yang dengan bangga menuturkan persiapan apa saja yang telah dijalani oleh Saffana.

"Saffana itu murid yang multitalenta. Sebenarnya selain desain poster, Saffana juga pintar, buktinya dulu dia juga ikut lomba PPKn. Saya pribadi selaku Kepala Sekolah, berharap semoga prestasi Saffana ini akan menurun ke adik-adik kelasnya," kata Tavid kepada RiauTribune di ruang kerjanya, pada Senin, (6/9/2021)

"Untuk persiapannya, Saffana dibimbing oleh Guru Seni Rupa, Pak Ardi. Mereka ini yang selalu berlatih dan berkoordinasi baik secara online maupun tatap muka. Karena sewaktu latihan kan hanya Saffana sendiri siswanya, jadi kita ijinkan untuk datang ke sekolah guna latihan dengan pembimbingnya" jelas Tavid.

Terkait dengan perlombaan yang diadakan secara daring, Tavid menanggapinya dengan sistem percaya kepada keputusan juri.

"Mungkin bisa saja ada pihak yang jahil yang bisa mengutak-atik hasil karya anak kita ini, tapi kami dari pihak sekolah percaya bahwa juri adalah orang-orang berkompeten yang sudah dipilih untuk menilai," jawab Tavid.

Untuk proses seleksi yang harus dijalani setiap peserta, harus bisa menjuarai mulai dari tingkat kota dan kabupaten, dilanjutkan hingga tingkat provinsi dan terakhir sampai pada ajang nasional yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah yang mewakili provinsi masing-masing.

Untuk rencana kedepannya, pihak pengajar sudah membimbing siswa dari kelas X guna prestasi ini berkesinambungan.

"Persiapan kita dari pihak sekolah juga sudah membimbing adik kelasnya, Syakilla Hayfa Nayyara dari kelas X IPA 1 agar prestasi ini bisa estafet," jelas Amri, selaku Wakil Kepala Sekolah bagian Humas.***