Belasan Petani Ikuti Pelatihan Sistem P3 Terpadu, Hasanuddin The: Semoga Banyak Muncul Petani Sukses

Rabu, 01 September 2021

Pelatihan pertanian terpadu binaan IKPP

Riautribune.com - Pimpinan perusahaan PT. IKPP Perawang Kecamatan Tualang Hasanuddin The bersama Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak Drh Susilawati, membuka pelatihan sistem pertanian, peternakan dan perikanan (P3) terpadu angkatan ke XIV di Rumah Pintar Abdul Wahid PT IKPP Perawang Kecamatan Tualang, Rabu 1 September 2021. 

Pelatihan yang diikuti belasan peserta yang berasal dari 3 Kecamatan di Kabupaten Siak yakni kecamatan Tualang, Sungai Mandau, Bungaraya itu tampak antusias mengikuti arahan dari panitia dan pemateri.

Melihat antusias para peserta itu, Hasanuddin The berharap setiap tahunnya ada petani dan peternak yang berhasil usai mendapatkan pelatihan dari program CSR PT IKPP tersebut.

"Program pelatihan ini dilaksanakan bertujuan untuk membuat kemandirian ekonomi bagi peserta baik itu peternak maupun petani binaan. Peserta pelatihan harus yakin karena kesuksesan petani akan diraih apabila peserta sungguh-sungguh menggeluti profesi ini. Hal ini pun sudah kami buktikan dengan lahirnya petani dan peternak sukses, ini juga kami harap terus lahir petani dan peternak sukses lainnya," jelas Hasanuddin The didampingi pimpinan CSR PT IKPP Murseno saat membuka pelatihan di Rumah Pintar Abdul Wahid.

Pimpinan PT IKPP Perawang Mill itu juga menceritakan seorang petani sukses asal Perawang yang telah mendunia. Petani itu adalah Suryono alias Bagong.

Suryono merupakan petani binaan PT IKPP Perawang yang pernah menjadi pembicara KTT PBB Perubahan iklim di Maroko pada tahun 2016 lalu.  Petani yang lahir di Medan, Sumatera Utara ini, dianggap menjadi contoh sosok aktif dalam usaha memitigasi perubahan iklim.

"Suryono ini pintar, dia bisa berkumpul bersama dengan pemilik APP Sinar mas, dan menjadi pembicara KTT PBB di Maroko. Ini menjadi tolak ukur dan motifasi juga buat petani dan peternak lainnya untuk lebih giat lagi memanfaatkan ilmu yang sudah di peroleh dari pelatihan ini nantinya," harapnya.

Sementara itu, pimpinan CSR PT IKPP Murseno menyampaikan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari, dimulai dari tanggal 1 - 3 September 2021 mendatang. 

"Pelatihan yang ke 14 kalinya digelar oleh CSR PT IKPP ini, akan berlangsung selama 3 hari, 2 hari pemberian materi di rumah Pintar Abdul Wahid dan 1 harinya mengunjungi petani dan peternak mitra kita yang berada di Kecamatan Bungaraya," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak Drh Hj Susilawati mengapresiasi kepada CSR PT IKPP yang konsisten menggelar pelatihan bagi petani di Kabupaten Siak. Kegiatan pelatihan ini dinilai sangat membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pertanian dan peternakan di Kabupaten Siak.

"Kegiatan ini sudah sering sekali dilakukan oleh PT IKPP, dan hasilnya banyak peternak dan petani yang berhasil. Maka dari itu, kita harap para peserta yang mengikuti pelatihan ini untuk serius agar materi yang disampaikan nantinya dapat diaplikasikan dalam kegiatan para peserta usai pelatihan," pungkasnya.

Dalam pelatihan tersebut, belasan peserta yang tercatat sebagai peserta angkatan ke XIV itu mendapatkan materi dari dinas peternakan, perikanan dan Pertanian Pemkab Siak.***