Akhir Agustus Pemprov Riau Salurkan BUPM Rp1,2 Juta untuk 20.833 UMKM

Sabtu, 21 Agustus 2021

PEKANBARU,Riautribune.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akhir Agustus akan menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk 20.833 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Provinsi Riau. Masing-masing UMKM akan mendapatkan bantuan sebesar Rp1,2 juta.

Demikian disampaikan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop-UMKM) Provinsi Riau, Asrizal kepada CAKAPLAH.com, Jumat (20/8/2021).

"Akhir bulan ini (Agustus) BPUM untuk UMKM sudah mulai kita salurkan. Nanti penyalurannya kita lakukan lewat Bank Riau Kepri," kata Asrizal.

Asrizal menjelaskan, 2.833 UMKM yang mendapatkan bantuan BUPM dari Pemprov Riau adalah pelaku usaha yang tidak mendapatkan bantuan dari APBN. Sebab bantuan kepada pelaku UMKM tidak hanya bersumber dari APBD, namun juga ada bantuan dari APBN.

"Makanya kita lakukan pendataan dan seleksi data. Artinya tidak boleh menerima dua sumber. Yang sudah menerima dari APBN tidak boleh lagi menerima dari APBD Riau," terangnya.

"Jadi untuk UMKM yang tidak mendapatkan bantuan dari APBN itu akan kita berikan bantuan dari APBD. Jumlahnya sama Rp1,2 juta per UMKM," sambungnya.

Karena itu, pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan dan seleksi data untuk memastikan tidak ada pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan dari dua sumber anggaran.

"Setelah SK ditandatangani, baru nanti kita lakukan sosialisasi kepada penerima. Setelah itu BPUM untuk pelaku UMKM ini akan disalurkan akhir bulan ini juga," cakapnya.(ckc)