Riau Tribune, RDI dan Mabest Kopi Gelar Diskusi Bahas Blok Rokan

Kamis, 19 Agustus 2021

BIncang Peradaban dalam rangka HUT Riautribune.com

PEKANBARU, Riautribune.com - Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 6 dan HUT ke-64 Provinsi Riau, media siber Riautribune.com menggelar diskusi interaktif yang diberi tajuk "Bincang Peradaban; Masa Depan Riau Pasca Alih Kelola Blok Rokan", Jumat, 20 Agustus 2021.

Pemimpin Redaksi Riautribune.com, Satria Utama Batubara, kegiatan diskusi interaktif ini akan menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain, H. Abdul Wahid, S.Pd (Anggota DPR RI Komisi VII), Fauzi Kadir, SH MH, Tokoh masyarakat Riau, Helfried Sitompul (Ketua Umum APJPMI), DR Husnul Kausarian (Direktur Riau Petroleum) dan DR Jupendri, M.Ikom (Direktur Eksekutif Riau Development Institute).

"Kita juga mengundang beberapa anggota DPRD Riau dan pimpinan organisasi media untuk ikut memberi buah pikirnya terkait tema yang kita angkat," tambahnya.

Menurut Satria, karena Pekanbaru masih dalam kondisi PPKM, maka diskusi akan dilaksanakan dengan peserta terbatas dan tetap menjaga protokol kesehatan. "Bagi yang ingin ikut menyaksikan jalannya diskusi, dapat melihat siaran langsungnya di akun Facebook Mabest Kopi pada pukul 16.00 WIB hingga selesai," ajaknya.

Tema Blok Rokan sengaja dipilih karena saat ini kawasan ladang minyak tersebut baru saja dialihkelolakan dari PT Chevron kepada PT Pertamina Hulu Rokan. Ada beberapa perubahan kebijakan yang muncul dari alih kelola tersebut, di antaranya sistem Cost Recovery menjadi Gross Split dan adanya Participating Interest sebesar 10 persen bagi Riau.

"Apakah alih kelola ini benar-benar akan membawa dampak yang besar Riau, atau lagi-lagi nantinya rakyat Riau lebih banyak jadi penonton saja? Lantas apa yang seharusnya dilakukan pemerintah Riau dan Kabupaten/kota dalam memanfaatkan momentum ini? dan bagaimana pula nasib pengusaha di Riau? Inilah yang akan kita coba bahas secara mendalam," terangnya.

Selain dalam rangka memperingati HUT Riautribune.com, acara ini juga menandai dimulainya operasional Mabest Kopi dan Riau Development Institute, sebuah lembagai kajian, survey, dan konsultan politik/pembangunan.***