Pokdarwis Titian Meranti Kembangkan Empat Spot Kawasan Wisata di Meranti Pandak

Kamis, 19 Agustus 2021

Mahasiswa Kukerta Unri menyusuri Sungai Siak untuk merekam video dan pengambilan view rancangan kawasan wisata

PEKANBARU, Riautribune.com - Kehadiran mahasiswa Universitas Riau dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Kelurahan Meranti Pandak, Rumbai Pesisir, Pekanbaru memberikan dampak positif bagi warga sekitar, khususnya dalam mengembangkan potensi pariwisata daerah tersebut.

Bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mahasiswa dari berbagai fakultas tersebut membantu bagaimana mempromosikan tempat wisata yang berada di kawasan Meranti Pandak.

Menurut Ketua Kelompok Mahasiswa Kukerta Unri di Meranti Pandak, Endi Irawan, dari kajian yang dilakukan para mahasiswa potensi pariwisata di desa ini cukup besar. Karena itulah pada Kukerta Tematik di sana, mahasiswa memilih untuk membuat program pengembangan pariwisata.

"Ini menjadi program andalan kami, yaitu melaksanakan video shooting pada rencana objek wisata yang sudah dirancang oleh Pokdarwis Titian Meranti," ungkap Endi Irawan kepada Riautribune.com, Kamis 19 Agustus 2021.

Ditambahkannya, tanggal 14 Agustus Sabtu lalu, ia dan rekan-rekannya melakukan perjalanan menyusuri Sungai Siak untuk merekam video dan pengambilan view rancangan kawasan wisata yang dimulai di Vihara Dewi Samudra Sakti di RW.09 dan berakhir di RTH Polairud Polda Riau dengan didampingi oleh Pokdarwis Titian Meranti dan Polair Polda Riau.

Menurutnya, kegiatan ini didukung penuh dan dibantu oleh Dirpolairud Polda Riau Kombes Pol Eko Irianto, S.Ik, beserta jajarannya. Hal ini dibuktikan dengan kesediaan pihak Polair menyediakan satu buah armada speed boat patroli untuk mendukung kegiatan Pokdarwis Titian Meranti dan mahasiswa Kukerta Unri.

Kontribusi para mahasiswa ini disambut antusias Ketua Pokdarwis Titian Meranti, Khaidir Idrus, S.Ip, M.Si. Dia berharap segera terwujud potensi wisata di tengah kota dengan view sungai. Menurutnya Ada 4 spot kawasan wisata yang telah direncanakan Pokdarwis Titian Meranti, yaitu spot Pagoda (vihara Dewi Samudara Sakti), spot Kota Nelayan, spot belanja souvenir dan kuliner Jembatan Siak 4 dan spot wisata RTH connecting Polairud Polda Riau.

"Tentunya dukungan semua pihak sangat diharapkan demi terwujudnya mimpi ini. Dukungan Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi dan investor serta CSR perusahaan besar di Provinsi Riau akan dapat dapat meningkatkan pemberdayaan dan ekonomi masyarakat setempat UMKM dan ekonomi kreatif serta PAD," ungkapnya.