Polri Terbitkan Izin, Liga 1 Dimulai 27 Agustus

Senin, 16 Agustus 2021

JAKARTA,Riautribune.com -- Polri telah resmi mengeluarkan izin pelaksanaan pertandingan Liga 1 2021/2022 yang akan digelar pada 27 Agustus 2021 mendatang. "Ya benar [sudah diterbitkan izin Liga 1 2021]," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Rusdi Hartono saat dikonfirmasi, Senin (16/8).

Liga teratas dalam piramida kompetisi sepak bola di Indonesia ini sempat terhenti dan ditunda karena situasi pandemi Covid-19. Rusdi mengatakan izin tersebut masih merujuk pada surat izin keramaian nomor 1609 tertanggal 25 Mei 2021 yang ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.   
Dalam hal ini penyelenggaraan pertandingan tersebut diperbolehkan tanpa penonton mengingat situasi pandemi Covid-19.

"Izin itu telah keluar sejak tanggal 25 Mei. Tetapi, pada saat itu Liga 1 dan Liga 2 tertunda bergulir karena situasi Covid-19," jelas dia. Penerbitan izin, kata Rusdi, berdasarkan pada hasil koordinasi dengan berbagai pihak. Kesepakatan telah dicapai dan pertandingan akan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Polri mendukung perkembangan olahraga di tanah air termasuk sepak bola. Namun dalam kondisi pandemi seperti ini, tentu penyelenggaraannya penuh dengan kehati-hatian, tetap memperhatikan protokol kesehatan," ucap dia. Penyelenggaraan Liga 1 pada 27 Agustus molor satu pekan dari rencana awal yang menargetkan klub-klub mulai bertanding pada 20 Agustus.

Sebelumnya kompetisi terpaksa dihentikan karena pandemi Covid-19 pada pertengahan Maret lalu. PSSI sempat mewacanakan untuk melanjutkan kegiatan pada 1 Oktober. Hanya saja Liga 1 tak mendapat rekomendasi penyelenggaraan karena pandemi Covid-19 yang masih merebak di Indonesia. Setelah itu, sempat diwacanakan liga bergulir Februari 2021.

Namun akhirnya Liga 1 2020 dibatalkan dan PSSI mewacanakan untuk memulai musim baru pada Juli 2021. Situasi pandemi masih belum terkendali, PPKM Darurat diberlakukan dan akhirnya kick off Liga 1 terus diundur hingga saat ini. (cnn)