Hari Ini Tambahan Vaksin dan Oksigen Konsentrator dari Pusat Tiba di Pekanbaru

Ahad, 15 Agustus 2021

ilustrasi

PEKANBARU, Riautribune.com - Pemerintah pusat mengirimkan penambahan vaksin bagi serta obat-obatan bagi masyarakat Riau. Dijadwalkan vaksin tersebut akan sampai di Pekanbaru, siang ini, Minggu (16/8), diangkut menggunakan pesawat hercules.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, bantuan vaksin dan obat-obatan dari pemerintah pusat, sesuai dengan permintaan Gubernur.

“Insya Allah siang ini ada tambahan vaksin dari Pemerintah pusat. Pak Presiden langsung merespon Pak Gubernur saat acara di Dumai, kemarin, apa yang menjadi kekurangan Riau dalam mengatasi COVID-19. Alhamdulillah di respon, untuk jumlahnya belum tau berapa,” ujar Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir, seperti dirilis media center Pemprov Riau.

Dijelaskan Mimi, selain vaksin, yang jelas dibantu pemerintah pusat berupa Oxygen Concentrator, dan obat bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri dirumah. Oxygen Concentrator, bermanfaat bagi pasien yang mengalami sesak.

“Yang jelas bantuan Oxygen Concentrator 100 unit, ini diperuntukkan bagi pasien dengan pernafasan yang cukup berat. Selanjutnya 100 paket isoman 1,100 paket isoman 2, dan 100 paket untuk pasien isoman 3,” kata Mimi.

Untuk jumlah vaksin yang ditelah diterima Riau selama program vaksinasi, Mimi menjelaskan masih mendata seluruh Kabupaten Kota yang telah menjalani vaksin, setelah mendapatkan vaksin. Untuk saat ini antusias masyarakat cukup tinggi untuk divaksin, sehingga dibutuhkan vaksin yang cukup banyak.

“Untuk vaksin sekarang masih terus berjalan, di Kabupaten Kota. Sesuai dengan target masyarakat harus divaksin 70 persen dari jumlah penduduk Riau. Mudah-mudahan tercapai, sekarang sudah ada yang selesai vaksin pertama dan vaksin kedua,” kata Mimi.***