Heboh Harga Tes PCR di India Murah, Jokowi Minta Harga di Indonesia Juga Turun

Ahad, 15 Agustus 2021

ilustrasi/net

JAKARTA, Riautribune.com - Harga tes polymerase chain reaction (PCR) di India jadi sorotan masyarakat tanah air. Sebab, harga tes COVID-19 di India itu jauh lebih murah dari Indonesia.

Dilansir dari India Today, Kamis (12/8/2021), harga tes PCR di India semakin lebih murah setelah pemerintah menurunkan harga tes untuk mendeteksi virus Corona itu. Harga tes PCR di India turun dari 800 rupee atau sekitar Rp 150 ribu menjadi 500 rupee atau Rp 96 ribu berdasarkan kurs hari ini.

Kondisi ini ramai di perbincangkan di media sosial. Tudingan bahwa Covid-19 menjadi ladang bisnis segelintir pihak kembali mencuat. Hal ini tak urung menjadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia kemudian meminta agar harga tes PCR diturunkan.

“Salah satu cara untuk memperbanyak testing adalah menurunkan harga tes PCR,” katanya dalam keterangan persnya, Minggu 15 Agustus 2021, seperti dilansir Inews.id.

Dia mengatakan sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan mengenai ini.“Saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran Rp. 450.000-550.000,” ujarnya.

Jokowi juga meminta agar hasil tes PCR bisa diketahui lebih cepat. Seperti diketahui saat ini pada umumnya hasil tes bisa diketahui dalam waktu 3x24 jam.

“Selain itu juga saya minta tes PCR diketahui hasilnya dalam waktu maksimal 1x24 jam. Kita butuh kecepatan,” tuturnya.**