Luar Biasa, Bocah Ini Jadi Peraih Emas Termuda di Olimpiade 2020

Selasa, 27 Juli 2021

Momiji Nishiya

TOKYO, Riautribune.com - Atlet skateboard Jepang, Momiji Nishiya berpeluang menjadi peraih medali termuda di Olimpiade Tokyo 2020. Nishiya meriah medali emas di usia 13 tahun dan 330 hari.

Dia memenangkan nomor street skateboard putri, Senin (26/7/2021). Hasil itu membuatnya menjadi atlet Jepang termuda yang pernah meraih medali emas.  Padahal, Nishiya mengaku sempat merasa gugup pada pertandingan itu. Dia terjatuh pada dua percobaan pertamanya. Namun, dia menjadi yang terbaik dengan skor 15,26.

Namun, Nishiya masih belum mengalahkan rekor peraih medali emas termuda sepanjang sejarah. Catatan itu masih dipegang Marjorie Gestring yang merebut emas di Olimpiade 1963, saat berusia 13 tahun 268 hari.

Meski begitu, Nishiya sudah cukup senang menjadi atlet Jepang termuda yang meraihnya. Apalagi ini merupakan Olimpiade pertama yang diikutinya.

“Saya begitu lega karena jadi peraih medali termuda di Olimpiade pertama saya. Air mata sampai keluar dari mata saya. Saya begitu gugup di percobaan pertama. Namun, kemudian rasa gugup saya menghilang,” kata Nishiya dikutip Yahoo, Selasa (27/7/2021).

Dengan hasil ini, atlet Jepang menyapu bersih dua nomor street skateboard. Sebelumnya, skateboarder Jepang Yuto Horigome juga sukses memenangkan sektor putra.

Berkat tambahan dua medali emas dari cabor skateboard, Jepang berada di puncak klasemen umum. Mereka kini mengoleksi delapan emas, menyalip raihan Amerika Serikat dan China.