Lebih Dua Ratus Atlet NPC Ikuti Selekprov NPC Riau

Sabtu, 24 Juli 2021

Jaya Kesuma

PEKANBARU, Riautribune.com - Lebih dari dua ratusan atlet paralimpian dari 12 Kabupaten/Kota di Riau ambil  bagian dalam Seleksi Provinsi (Selekprov) yang digelar oleh National Paralympic Committee (NPC) Riau pada 23-25 Juli 2021 di Kota Pekanbaru.

Selekprov NPC Riau ini bertujuan untuk menjaring atlet-atlet paralympian Riau yang dipersiapkan menjadi duta Riau di ajang Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI di Papua akhir tahun 2021

Menurut Ketua NPC Riau, Jaya Kusuma, jumlah atlet yang mengikuti selekprov lebih dari 200-an atlet yang dipersiapkan turun di 6 cabang olahraga. Yakni cabang atletik, renang, bulu tangkis, tenis meja, angkat berat, serta catur.

“Untuk hari ini dilakukan seleksi administarsi serta spesifikasi kecacatan. Sementara pada 24 dan 25 Juli, seleksi dilakukan langsung di venue dan lokasi  yang berbeda menyesuaikan dengan cabang olahraganya,” ujarnya, Jumat (23/7/2021).

Untuk pelaksanaan seleksi dilakukan di lokasi yang berbeda menyesuaikan dari cabang olahraganya. Yakni cabang atletik di Stadion Atletik Sport Center Rumbai, angkat berat dan catur di Gor NPC Riau, serta renang di Kolam Renang Aquatik Sport Center Rumbai.  

“Kemudian untuk cabang bulu tangkis seleksinya di Gor Akasia kawasan Purna MTQ Pekanbaru, dan tenis meja di Gor PTM 45 Rejosari,” jelas Jaya.

Jaya kusuma menambahkan, hasil seleksi ini langsung untuk menetapkan atlet inti yang akan memperkuat kontingen NPC Riau di ajang Peparnas nanti. Diperkirakan pada pekan ke 2 bulan Agustus seluruh atlet persiapan Peparnas tersebut akan menjalani TC penuh yang di fokuskan di Pekanbaru.

“Kita targetkan dari hasil seleksi ini didapat sekitar 100 atlet yang akan di bawa ke Papua serta di ajang Peparnas nanti. NPC Riau akan turun di 9 cabang olahraga dari total 12 cabor yang dipertandingkan. Diantaranya cabang  angkat berat, atletik, bulu tangkis, catur, judo, panahan, renang, tenis lapangan kursi roda, serta tenis meja,” urainya.***(rls)