Pemprov Riau Siapkan Lahan Pemakaman Baru untuk Korban Covid-19

Sabtu, 17 Juli 2021

ilustrasi internet

PEKANBARU,Riautribune.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau saat ini sudah mempersiapkan lahan pemakaman baru bagi pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Terutama di Pekanbaru. Pasalnya, lahan pemakaman yang ada saat ini sudah hampir penuh seiring terus bertambahnya pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, lahan pemakaman baru bagi pasien Covid-19 tersebut berada di daerah Pasir Putih, Kabupaten Kampar. Di sana, Pemprov Riau mendapatkan lahan yang merupakan hibah dari masyarakat.

“Pemprov Riau mendapatkan tanah hibah seluas 1,5 hektare dari masyarakat yang bisa digunakan untuk pemakaman pasien Covid-19. Hal tersebut untuk mengantisipasi penuhnya lahan pemakaman yang ada saat ini,” kata Gubri.

Lebih lanjut dikatakannya, kemungkinan penambahan pasien Covid-19 yang meninggal dunia tetap ada. Tetapi yang terpenting menurutnya adalah penangangan di hulu yang harus dilakukan dengan maksimal dan masyarakat harus ikut mendukung. “Karena itu masyarakat harus ikut mendukung dengan selalu menerapkan protokol kesehatan,” ajaknya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, per Jumat (16/7) pasien positif Covid-19 di Riau bertambah sebanyak 858 orang. Dengan penambahan tersebut, maka total penderita Covid-19 di Riau sebanyak 80.206 orang. “Sementara itu, untuk pasien yang sembuh bertambah 388 pasien, sehingga total 70.893 orang yang sudah sembuh,” katanya. Untuk kabar dukanya, juga terdapat 20 pasien yang meninggal dunia. Sehingga total pasien yang meninggal akibat Covid-19 di Riau sebanyak 2.142 orang. Dari total pasien positif Covid-19 Riau, yang masih menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 1.000 orang. Sementara yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 6.171 orang. “Sehingga saat ini jumlah pasien yang masih menjalani perawatan baik di rumah sakit maupun isolasi mandiri sebanyak 7.171 orang,” ujarnya.

Sementara itu untuk suspect yang menjalani isolasi mandiri 3.411 orang dan yang isolasi di rumah sakit 156 orang. Total suspect yang selesai menjalani isolasi 95.315 meninggal 347 orang. Mimi juga berpesan, dengan terus bertambahnya pasien positif Covid-19 di Riau, pihaknya mengajak masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Terutama saat beraktivitas di luar rumah. “Mari kita sama-sama dapat menjaga diri dan orang sekitar kita dengan terus menerapkan protokol kesehatan. Mencuci tangan, jaga jarak dan menggunakan masker,” ajaknya.