Tips Agar Rapat Daring Yang Dilakukan Berlangsung Sukses

Kamis, 15 Juli 2021

Ilustrasi/net

PEKANBARU, Riautribune.com - Rapat Daring menjadi salah satu gaya hidup baru yang lazim disaat merebaknya pandemi. Dengan pembatasan kerja atau lebih dikenal dengan “Kerja dari Rumah”, maka rapat secara daring adalah jalan keluar yang paling tepat agar pekerjaan dapat berjalan dengan efektif dan hasil maksimal.

Walaupun sudah berjalan selama satu tahun lebih, namun masih banyak rapat yang tidak berjalan secara kondusif dan tidak produktif. Anda yang terbiasa mengikuti rapat daring, pasti masih menemukan hal-hal yang malah bisa merusak kosentrasi saat rapat seperti suara yang tidak jelas atau malah penampilan peserta rapat lainnya yang cukup mengganggu.

Jadi, langkah-langkah apa yang harus anda ambil agar rapat daring anda berhasil. Berikut beberapa tips untuk anda. 

 

1. Pastikan setiap peserta rapat mengetahui agenda rapat dan telah mempersiapkan presentasi dan data-data pendukung tambahan lainnya. Lebih baik apabila anda mempersiapkan satu orang penanggung jawab yang dapat menginformsikan kepada seluruh peserta rapat mengenai hal-hal tersebut diatas.

2. Pastikan semua koneksi internet, suara dan tampilan wajah di layar daring tampil sempurna. Cahaya ditempat anda harus tertata dengan baik, agar setiap peserta rapat dapat melihat anda dengan jelas. 

3. Ingat! Setiap detail mimik anda akan terlihat jelas memalui kamera. Untuk itu perhatikan juga kerapian penampilan anda.

4. Pastikan juga posisi kamera. Sebaik-baiknya adalah sejajar dengan mata anda, tidak lebih tinggi atau lebih rendah. Perhatikan juga jarak kamera anda, jangan terlalu dekat agar bahasa tubuh anda juga dapat ditangkap oleh peserta lainnya. 

5. Moderator rapat online haruslah orang yang memang dapat mengontrol jalannya rapat, agar semua masukan dapat tersampaikan dengan baik dan tidak ada yang merasa dikesampingkan.

6. Apabila rapat berlangsung lama, perhatikan jeda atau waktu istirahat agar semua peserta rapat tetap memiliki kosentrasi yang baik.***