Inilah Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Tas untuk Anak

Kamis, 15 Juli 2021

Ilustrasi/net

PEKANBARU, Riautribune.com - Tahun ajaran baru telah dimulai. Walaupun saat ini pemerintah masih menganjurkan untuk bersekolah secara daring, tapi bisa jadi anda sudah memepersiapkan semua kebutuhan sekolah anak anda. Salah satunya adalah tas sekolah.

Banyak model tas sekolah yang beredar dipasaran saat ini. Mulai dari yang model tas punggung ataupun sandang. Desainnya yang beragam, tentunya menjadi daya tarik tersendiri.

Tapi tahukah anda, bahwa ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian utama anda saat memilih dan memakai tas sekolah. Karena tanpa disadari, tas sekolah bisa berdampak buruk bagi anak anda.

Untuk tas sandang maka anda harus memastikan bahwa:

1  Tas yang anda pilih tidak mempunyai tali yang panjang. Karna hal ini dapat membuat beban pada salah satu sisi tubuh yang, akan menarik tubuh ke samping. 

2. Pastikan berat barang bawaan anak anda kurang dari 10% berat badan. Bila terlalu berat hal ini akan memaksa leher lebih menjulur ke depan sehingga dapat menyebabkan sakit kepala, leher tegang dan sakit punggung.

3.Panjang tali pada tas sebaiknya pada posisi diatas paha/panggul. 

4. Seimbangkan barang bawaan, misalnya tangan kanan membawa tas dibahu, tangan kiri menjinjing tas lain atau bergantian membawa tas di bahu kanan dan kiri. 

5. Pilih tas dengan tali yang cukup lebar atau bahkan memiliki bantalan bahu. 

6. Hindari tas yang menggunakan pegangan dari rantai karena akan melukai kulit. 

Semenatara itu, apabila anda memilih tas punggung atau ransel, maka yang harus anda perhatikan adalah:

1. Anak anda hanya membawa barang yang diperlukan saja dan tidak melebihi 10% berat tubuhnya.

2. Pastikan anak anda menggunakan tas dengan benar di kedua bahu dan tidak hanya memakai tas disalah satu bahu.

3.Pilih tas ransel yang tepat sesuaikan dengan postur tubuh anak.

Ingat, bila anak anda harus membawa berat barang bawaan melebihi 15% berat tubuhnya, sebaiknya gunakan tas beroda yang dapat ditarik pada saat membawanya karena tas tersebut tidak akan membebani anak.