Kadis LHK Resmikan Persemaian KPH Mandah, Gubernur Bantu 10 Ribu Bibit

Rabu, 14 Juli 2021

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau, Mamun Murod meresmikan persemaian bibit UPT Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

PEKANBARU, Riautribune.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau, Mamun Murod meresmikan persemaian bibit UPT Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). 

Dalam kesempatan itu, Murod mengatakan peresmian persemaian bibit UPT KPH Mandah ini salah satu wujud untuk mendukung terwujudnya program yang dicanangkan Gubernur Riau yakni Riau Hijau.  "Ini sangat bermanfaat dalam rangka mewujudkan program Gubernur Riau yaitu Riau Hijau," kata Mamun Murod, Rabu (14/7/2021). 

Sebab menurutnya, Dinas LHK Riau memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengawal terlaksananya program Riau Hijau. 

"Selain itu kami minta KPH Mandah juga untuk mengawal program pemerintah pusat perhutanan sosial di Inhil. Ini samgat penting kita kawal, karena akan memberi dampak perekonomian dan peningkafan kesejahteraan masyarakat setempat, dan hutan akan lestari," terangnya, seperti dirilis media center Pemprov Riau. 

Peresmian KPH Mandah dihadiri perwakilan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Indragiri Rokan serta dari Badan Restorasi Gambut dan Menggrove.  "Terimakasih kepada BPDAS Indragiri Rokan yang sudah bersinergi membantu KPH Mandah. Kemudian BRG juga telah banyak membantu," kata Murod. 

Untuk diketahui, dalam kesempatan itu KPH Mandah juga akan menanam pohon di Ponpes Daarul Rahman Inhil. Penanaman pohon akan dilakukan langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar. 

Selain itu, Gubernur juga akan memberi bantuan bibit sebanyak 10.000 bibit pohon buah untuk organisasi Barisan Muda Riau dan Kelompok Tani Hutan (KTH), serta menanam Mangrove di wilayah sungai Belah Inhil.***