Tiga Kebiasaan Hidup Yang Pasti Berubah di Masa Pandemi Covid-19

Selasa, 13 Juli 2021

Ilustrasi/net

PEKANBARU, Riautribune.com - Tanpa disadari, Pandemi Covid-19 telah merubah gaya hidup banyak orang. Perubahan gaya hidup ini dimulai dari banyaknya rutinitas yang turut berubah. 

Pergeseran gaya hidup ini ada yang bersifat positif seperti penerapan pola hidup sehat dengan mencuci tangan dan menjaga kebersihan lingkungan. Namun tanpa disadari, perubahan ini juga menimbulkan dampak negatif yang tentunya merugikan, Apa saja itu? 

 

1.JADWAL TIDUR YANG TIDAK TERATUR

Dengan diterapkannya WFH (Work from Home/bekerja di rumah), rutinitas bangun pagi dan berangkat kerja tentunya mengalami pergeseran. Apabila tidak ada rapat penting, maka kebanyakan pekerja memilih bangun lebih siang dan tidur lebih malam, selama semua pekerjaan dapat diselesaikan.

Padahal menurut Kristen Knutson, profesor neurologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine, orang yang tidur larut malam 2 kali lipat lebih berisiko untuk mengalami gangguan psikologis, 23 persen lebih berisiko mengalami gangguan pencernaan dan 22 persen lebih tinggi terkena penyakit pernapasan. 

2.  TIDAK AKTIF

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPBM menyebabkan banyaknya kegiatan luar rumah atau aktivitas fisk yang dibatasi termasuk olah raga.  Padahal kurangnya olah raga tentunya berdampak buruk bagi kebugaran dan kesehatan tubuh.

Untuk mengatasinya, anda harus kreatif dengan melakukan aktivitas fisik yang bisa dilakukan di rumah, mulai dari membersihkan rumah dan halaman, melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci dengan tangan, menyapu, mengepel dan lain sebagainya. Olah raga ringan juga bisa anda lakukan seperti push up, sit up, loncat tali atau senam. 

3.      MAKAN YANG TIDAK TERATUR

Jadwal kerja kantoran tanpa disadari membuat jadwal makan anda teratur. Sarapan sebelum berangkat kerja, jadwal istirahat makan siang yang pasti dan jadwal makan di malam hari menjadi rutinas yang tetap.

Di saat WFH, jadwal makan ini menjadi berantakan karena anda bisa makan berkali-kali karena jenuh di rumah dan tidak tahu harus mengerjakan apa, atau malah makan terlambat karena rutinitas anda yang tak lagi terjaga.

Harus anda sadari, jadwal makan yang tidak teratur ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuh anda, meningkatkan resiko penyakit lambung bahkan dapat meningkatkan resiko stres serta mengganggu kosentrasi.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga melakukan kebiasaan buruk diatas?