Mana yang Benar, Sikat Gigi Dilakukan Sebelum Atau Sesudah Sarapan?

Senin, 12 Juli 2021

Foto : Mstar

SETIAP hari kita akan menyikat gigi minimal dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Pada malam hari biasanya kita menyikat gigi sebelum tidur agar mulut tetap segar tapi bagaimana dengan pagi hari?

Lebih baik menyikat gigi sebelum atau sesudah sarapan? Bahkan, dokter gigi akan menganjurkan agar kita menyikat gigi setelah sarapan.

Hal ini karena ini adalah waktu terbaik untuk membersihkan sisa makanan dan minuman yang menempel pada gigi. Jika Anda menyikat gigi setelah sarapan, gigi Anda akan berada dalam kondisi yang lebih bersih.

Namun jika kita mengonsumsi makanan atau minuman asam saat sarapan seperti kopi, jus jeruk atau buah-buahan lainnya, disarankan untuk menyikat gigi sebelum sarapan.

Kita perlu menyikat gigi dua kali sehari agar kuman dan bakteri tidak menempel di mulut.

Pasalnya, menyikat gigi setelah mengonsumsi sesuatu yang bersifat asam dapat merusak gigi. Untuk itu, American Dental Association merekomendasikan seseorang menyikat gigi satu jam setelah makan.

Jika Anda tidak bisa menunggu selama satu jam, bilas mulut Anda dengan air untuk menghilangkan sisa makanan dan efek minuman seperti kopi pada gigi Anda sebelum menyikat gigi.

Bisakah kita menyikat gigi sebelum dan sesudah sarapan?

Menyikat gigi sebelum dan sesudah sarapan bukanlah suatu kesalahan, namun perlu diketahui bahwa menyikat gigi terlalu sering dapat menggores gusi.

Menyikat gigi tidak boleh terlalu keras karena tujuannya adalah untuk menghilangkan bakteri dan sisa makanan yang menempel di celah-celah gigi.

Selain menyikat gigi, seseorang juga bisa menggunakan makanan penutup, flossing selain menyikat lidah.