55 Orang Jalani Isolasi Mandiri di Asrama Haji, Kondisi Kian Membaik

Kamis, 08 Juli 2021

PEKANBARU, Riautribune.com - Sejak difungsikan untuk ruang Isolasi Mandiri (Isoman) pasien terkomfirmasi positif COVID-19, jumlah pasien yang melakukan isolasi mandiri di Asrama Haji Antara, Jalan Mekar Sari, Pekanbaru, Riau, sudah tercatat 55 orang.

Menurut Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, dari 55 pasien tersebut, 17 orang diantaranya merupakan pasien hasil pemeriksaan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.  "Totalnya sudah mencapai 55 orang, 17 orangnya yang terdeteksi pada pejaringan pendatang di Bandara SSK II," kata Mimi, Kamis (8/7) di Pekanbaru.

Sedangkan jumlah sisanya merupakan rujukan dari puskesmas di Kota Pekanbaru. Diantaranya, Puskesmas Umban Sari Rumbai, Harapan Raya, Payung Sekaki, Simpang Tiga, Tenayan Raya dan Rejosari.

Mimi menjelaskan, selama isolasi mandiri di Asrama Haji maupun tempat lain yang telah di sediakan pemerintah ini, seluruh pasien diberikan fasilitas dan pelayanan maksimal. Mulai terkait pemeriksaan secara rutin, obat-obatan sampai kegiatan olahraga yang di selenggarakan setiap pagi. 

"Pasien ini merupakan pasien bergejala ringan, dan sebagianya juga sudah ada yang sembuh dan dipulangkan," ujarnya seperti dirilis media center Riau.

Salah satu orang pasien isolasi mandiri di Asma Haji Riau, El mengatakan, setiap hari selalu dilakukan pengecekan secara rutin dari pihak kesehatan. Mulai pemeriksaan keluhan, tekanan darah, dan lain-lainya.

"Kami juga diberikan program olahraga bersama setiap pagi lebih kurang 2 jam, dan sorenya juga jalan santai sekeliling Asrama," katanya. 

Untuk obat-obatan, ia mengatakan juga cukup dan tidak pernah putus. Dimana selama isolasi ia mengaku termasuk sangat nyaman sesuai ruangan isolasinya yang juga cukup bagus dengan fasilitas lengkap.

"Fasilitas ruangan lengkap, tempat tidurnya bagus, AC, kamar mandi lengkap," ungkapnya. 

Yang pasti tambahnya, untuk isolasi mandiri yang disediakan pemerintah ini cukup nyaman, pelayanan juga cukup baik. "Saya juga cukup sehat disini, pada hal baru 6 hari. Saya juga tenang dak tidak cemas menularkan pada keluarga," tuturnya.