Kaki Anda Mengeluarkan Bau Tak Sedap ? Atasi Dengan 10 Cara Ini

Selasa, 06 Juli 2021

Foto : Mstar

Bau kaki yang tak sedap mungkin merupakan masalah umum yang dialami oleh kebanyakan orang. Tidak hanya menurunkan kepercayaan diri tetapi masalah ini juga membuat orang di sekitar merasa tidak nyaman.

Dalam dunia medis, masalah ini dikenal sebagai bromodosis dan umumnya terjadi karena kaki mengeluarkan banyak keringat. Faktor hormonal juga bisa membuat kaki lebih sering berkeringat dan faktor memakai sepatu tertutup bisa memperburuk keadaan.

Selain itu seseorang yang aktif dan memakai sepatu ketat lebih rentan terhadap masalah selain stres dan masalah seperti infeksi bakteri dan hiperhidrosis.

 
Cara menghilangkan bau kaki

Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau kaki, diantaranya;

1. Bersihkan kaki Anda dengan sabun dan air setidaknya dua kali sehari. Pastikan Anda menjaga kebersihan kaki, termasuk sela-selanya. Setelah dicuci, pastikan bagian ini dikeringkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

2. Pastikan kuku kaki dipangkas secara teratur dan kaki dicuci setelah selesai.

3. Bukan hanya kuku, pastikan kulit mati yang keras di telapak kaki dibersihkan. Hal ini karena kulit mati bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri saat kaki dalam keadaan lembap.

4. Ganti kaus kaki setiap hari. Jika Anda berada di tempat yang panas, berolahraga, atau kaki Anda sering berkeringat - sebaiknya bawa lebih banyak kaus kaki agar lebih mudah menggantinya.

5. Hindari menggunakan sepatu yang sama setiap hari. Setelah memakai sepatu, jemurlah di bawah sinar matahari agar kelembapan di dalamnya mengering.

6. Pilih kaus kaki yang bisa menyerap kelembapan. Hindari kaos kaki yang tebal karena dapat membuat telapak kaki berkeringat.

7. Bagi yang menderita kaki berkeringat, disarankan untuk memakai sepatu yang memiliki lubang kecil agar udara dapat masuk dan keluar. Dengan demikian mencegah kaki berkeringat.

8. Rendam kaki Anda dalam air hangat yang dicampur dengan cuka atau makanan penutup. Mampu membantu menghilangkan bau kaki.

9. Oleskan cairan beralkohol menggunakan bola kapas ke telapak kaki sebelum tidur. Ini membantu menjaga kaki tetap kering. Namun, untuk kulit sensitif, abaikan langkah ini.

10. Gunakan semprotan anti jamur, bedak kaki atau deodoran khusus untuk kaki sebelum memakai kaus kaki dan sepatu.

Jika masalah tidak teratasi, yang terbaik adalah menemui dokter untuk mengidentifikasi penyebab sebenarnya.