Tak Hanya Untuk Mengharumkan, Ternyata Ini Manfaat Daun Pandan yang Kurang Diketahui

Senin, 05 Juli 2021

Foto : Mstar

Daun pandan banyak digunakan dalam masakan Melayu, untuk memberi rasa istimewa pada hidangan yang menggugah selera siapa pun!

Namun tahukah Anda, daun pandan tidak hanya memberikan aroma harum pada masakan melainkan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia.

Lalu apa saja manfaat kesehatannya? Berikut beberapa manfaatnya :

1. Membantu mengontrol gula darah

Daun pandan bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah. Sebuah penelitian terhadap 30 orang dewasa yang diberi teh pandan menemukan bahwa kadar gula darah mereka lebih stabil. Namun, studi lebih mendalam perlu dilakukan untuk membuktikan hal ini.

2. Meningkatkan kesehatan mulut

Mengunyah daun pandan dapat menyegarkan nafas karena aromanya yang menyenangkan. Bahkan beberapa praktisi medis di barat juga menggunakan teknik ini untuk menghentikan gusi berdarah.

3. Mencegah penyakit jantung

Penelitian telah menemukan bahwa daun pandan cukup baik untuk melindungi jantung karena merupakan sumber karotenoid yang baik. Ia mampu mengurangi risiko perkembangan aterosklerosis, penyempitan pembuluh darah jantung akibat akumulasi plak.

4. Mengurangi rasa sakit radang sendi

Arthritis mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia dan biasanya disertai dengan rasa sakit terutama pada persendian. Campuran minyak kelapa dan daun pandan dipercaya dapat mengurangi rasa sakit, belum lagi memiliki efek anti inflamasi.

5. Mengurangi gejala asam urat

Manfaat daun pandan juga bermanfaat dalam membantu mengatasi dan mengurangi gejala penyakit asam urat. Daun pandan mengandung minyak atsiri dan tanin yang dapat membantu meredakan peradangan. Selain dioleskan pada daerah yang terkena, penderita juga bisa meminum rebusan daun pandan.