Forum Pemred Riau dan BPBD Pekanbaru Gelar Lomba Foto

Sabtu, 03 Juli 2021

Rahmad Handayani

PEKANBARU, Riautribune.com - Berbagai cara dan upaya  dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Mulai dari pemberlakuan PPKM, Razia Prokes hingga sosialisasi dan himbauan, agar masyarakat di rumah saja  

Kali ini, melalui BPBD, Pemko Pekanbaru menggandeng Forum Pemred Riau melakukan upaya penekanan angka penyebaran Covid-19 dengan cara yang unik dan berbeda.

"Tidak menimbulkan kerumunan, bisa dilakukan sendiri dan bisa diikuti masyarakat umum maupun kaum milenial sekaligus mengeksplor bakat  dan mendapatkan uang plus piagam dari Walikota Pekanbaru," kata Rahmad Handayani, Ketua Forum Pemred Riau, Sabtu (3/7/2021).

Bersama BPBD Kota Pekanbaru, kata Rahmad, Forum Pemred Riau mengadakan lomba Foto dan diadakan bersempena Hari Sungai Nasional 27 Juli 2021.

Menurut Rahmad Handayani, kaitan sungai dan penyebaran Covid-19 tentu ada, yakni lingkungan yang terjaga. Dimana lingkungan yang terjaga akan membuat orang mencintai alam dan bisa rekreasi sendiri atau dengan keluarga, tanpa perlu berkerumun seperti jika pergi ke mall atau pun pusat perbelanjaan.

"Lingkungan yang bersih juga sehat dan udara yang keluar yang kita hirup juga bagus, jadi imun bisa terjaga," kata Rahmad.

Karena itu kata Rahmad, BPBD Pekanbaru dan Forum Pemred mengambil tema lingkungan dalam lomba foto kali ini. "Lingkungan yang Asri Menyehatkan, sehat meningkatkan imun tubuh dan imun yang kuat sakit tidak bisa menghampiri," kata Rahmad.

Untuk lomba kali Ini salah satu lokasi yang akan dijadikan objek foto oleh peserta adalah lingkungan Perkantoran walikota Pekanbaru di Tenayan Raya, yang masih alami dan asri serta jauh dari hiruk pikuk suasana kepadatan kota.

"Selain itu foto-foto lingkungan yang memperlihatkan keasrian alam, foto tentang ramah lingkungan, sungai yang bersih. Lokasinya tentu saja dalam kota Pekanbaru," kata Rahmad.

Selain itu juga boleh foto non alam, seperti Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik. Foto yang ditampilkan menunjukan makna bahwa dimasa pandemi Covid-19 ini masyarakat benar-benar harus menjaga kesehatan.

"Jangan sampai akibat tidak mengikuti protokol Kesehatan kita akan menjadi penghuni rumah sakit," papar Rahmad. 

 

Jadi kata Rahmad, dengan lomba ini peserta tidak hanya menunjukan bakat tetapi mereka nantinya juga secara tidak langsung menjadi para penggiat Covid-19.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman, mengajak seluruh masyarakat terkhusus kaum milenial yang memiliki hobi dan bakat fotography agar segera mendaftarkan diri segera.

"Bagi yang hobi dan memiliki bakat yang lama terpendam di sini saatnya bisa menunjukan kemampuan, tunjukan hasil jepretan kamera terbaik kalian, dan raih hadiah jutaan rupiah," jelas Zarman.

Bagi peserta yang berminat bisa hubungi nomor panitia:

Hari Jumaula : 0852-6590-1818

Budi Suseno :.  0812-7687-7618

Alvie Abidin   :  0853-7583-7686.

Sementara hadiah yang diperebutkan juara I sebesar Rp 5 Juta, juara II senilai Rp 3 Juta dan juara III senilai Rp 2 Juta Rupiah. (**/rls)