Nenek Berusia 82 Tahun Ini Bakal Jadi Wanita Tertua Yang Meluncur ke Luar Angkasa

Jumat, 02 Juli 2021

Jeff Bezos dan Wally Funk/Net

JAKARTA, Riautribune.com - Seorang nenek berusia 82 tahun, Wally Funk, bakal tercatat dalam sejarah sebagai wanita tertua yang akan meluncur ke luar angkasa. Pasalnya, Wally telah dipilih Miliarder sekaligus pendiri Blue Origin, Jeff Bezos, untuk berangkat ke luar angkasa bersamanya. 

Wally merupakan pilot wanita yang pernah menjadi bagian dari misi Mercury 13 pada 1960-an. Meski telah menjalani pelatihan astronot, ia tidak pernah berhasil ke luar angkasa hanya karena seorang wanita. 

Wally diketahui merupakan inspektur wanita pertama untuk Administrasi Penerbangan Federal dan penyelidik keselamatan udara wanita pertama untuk Dewan Keselamatan Transportasi Nasional.

Ia memiliki 19.600 jam terbang dan telah mengajar lebih dari 3.000 orang untuk terbang. Ketika itu, semua astronot NASA diketahui merupakan pilot militer dan laki-laki. 

Pengumuman terpilihnya Wally dilakukan oleh Bezos lewat video yang diunggahnya di Instagram pada Kamis (1/7). "Sudah waktunya. Selamat datang di kru, Wally. Kami senang Anda terbang bersama kami pada 20 Juli sebagai tamu terhormat kami," umum Bezos. 

Wally akan bergabung bersama Bezos, saudaranya, dan pemenang lelang untuk mengendarai roket New Shepard pada 20 Juli. Mereka akan meluncur selama 10 menit ke luar angkasa. 

"Tidak ada lagi yang menghalangi saya... Anda masih bisa melakukannya jika Anda ingin melakukannya dan saya suka melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan siapa pun," ujar Wally, seperti dikutip RMOL dari Associated Press. 

Dengan kesempatan ini, Funk akan mencatat rekor sebagai orang tertua yang meluncur ke luar angkasa. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh John Glenn, astronot 77 tahun yang meluncur dengan pesawat ulang alik Discovery pada 1998. ***