Terlama di Dunia, Pria Ini Positif Covid-19 Selama 305 Hari Sebelum Dinyatakan Sembuh

Senin, 28 Juni 2021

Dave Smith

BRISTOL, Riautribune.com - Pria bernama Dave Smith (72) di Bristol, Inggris, tak pernah menyangka kalau dirinya akan tercatat sebagai manusia terlama yang terinfeksi COvid-19. Tercatat ia harus hidup dengan status positif Covd-19 selama 305 hari, sebelumnya dinyatakan sembuh.

Selama 305 hari Dave harus berjuang menjalani hari-hari dengan rasa tak enak di tubuhnya. Bahkan, karena kondisinya yang terus memburuk hari demi hari, Dave Smith bahkan mengaku siap untuk bertemu dengan ajalnya.

Rasa tak enak di dada, hingga batuk-batuk selama minimal 5 jam sehari menjadi hal terpahit yang harus dilalui Dave.“Saya batuk selama lima jam berturut-turut, saya terbaring di tempat tidur selama 2 hingga 3 bulan," tandas Dave, dikutip dari World Of Buzz.com, Minggu (27/6/2021).

Tubuhnya yang sudah renta pun hampir dikalahkan oleh ganasnya virus Covid-19. Hingga Dave berpesan kepada sang istri Lyn agar ia mengikhlaskan kepergiannya. Dave bahkan sudah meminta istrinya untuk mengurus pemakaman dalam 5 waktu terpisah.

"Saya sudah siap untuk menyerah, saya berkata kepada Lyn istri saya 'lepaskan saya, saya sudah bertahan, ini terasa sangat buruk sekarang."

Dikatakan istri Dave bahwa suaminya itu memiliki sistem kekebalan tubuh yang tak baik. Bahkan berat badan Dave yang mulanya 117 kg harus turun drastis menjadi 64 kg!

Sebagaimana diketahui bahwa Dave dinyatakan positif Covid-19 pada Mei 2020 dengan gejala batuk dan demam. Setelah 8 hari Dave diijinkan untuk pulang dengan melakukan isolasi mandiri.

Akan tetapi kondisinya terus menurun, dengan sesak nafas yang berlebih yang memaksanya untuk kembali dirawat di rumah sakit selama 4 bulan yakni Agustus, September, Oktober, dan Desember 2020.

Dave kemudian diobati dengan antibodi monoklonal, seperti casirivimab dan imdevimab yang direkayasa di laboratorium yang terbukti berhasil.***