PT MBM Tawarkan Bisnis Madu Lebah Klanceng, Keuntungannya Menggiurkan

Selasa, 15 Juni 2021

Pekanbaru-riautribune: Peluang usaha beternak Lebah Klanceng sangat menjanjikan di Provinsi Riau. Karena rata rata pengusaha lebah bisa mendapatkan keuntungan Rp400 ribu per empat bulan dalam satu stup (Kotak lebah).

Sekarang PT Mahakarya Berkah Madani (MBM) sebagai pengelola bibit dan langsung menjadi pembeli hasil lebah, telah membuka kantor cabang di Pekanbaru, yaitu Jalan Harapan, nomor 88, RT 02 RW 09, Kelurahan Sidomulyo Barat.

Maka bagi masyarakat Riau yang ingin membuka dan mengembangkan budidaya lebah klanceng sudah bisa melakukan pembelian dan/atau melakukan kerjasama dengan PT MBM. Mitra usaha akan dibina dan dibimbing secara berkelanjutan sepanjang kerjasama berjalan.

“Pola penjualan bibit ada secara mandiri dan ada secara kontrak kerjasama. Bagi pola mandiri, mitra boleh menjual hasil madu sesuai dengan keinginannya. Namun melalui kontrak kerjasama, diwajibkan menjual hasil madu ke PT MBM,” kata General Manajer PT MBM, Asri, didampingi oleh Pembina Kantor Cabang Pekanbaru Abdul Sahid, dikantornya, Senin (14/6/2021).
 
Asri menjelaskan, untuk pembelian satu stup yaitu Rp1,2 juta, dengan keuntungan Rp400 ribu per empat bulan. Ukuran stup yakni Panjang 40 cm, lebar 15 cm dan tinggi 17 cm. Bagi mitra usaha yang menjalin kontrak kerjasama, maka akan dilakukan pembinaan dan pengawasan.

Jika bibit ada yang mati, maka akan dilakukan penggantian bibit baru. Namun jikalau ingin memutuskan kontrak, maka stup akan dibeli perusahaan 100 persen atau seharga stup awal pembelian. Artinya pengelola usaha tidak dirugikan.

“Tujuan kita adalah untuk mengembangkan usaha masyarakat dan meningkatkan ekonomi. Sementara setiap stup ada barcode. Sehingga jika dicuri orang, maka akan mudah ditemukan. Karena kita sudah memiliki aplikasi dan teknologi canggih dalam melakukan pembinaan terhadap mitra usaha,” jelas Asri.

Asri memaparkan, manfaat Madu Klanceng sangat banyak. Seperti obat kejantanan, penderita kencing manis, perbaikan sel tubuh, untuk bahan obat serta kosmetik dan lain-lain.

Nutri, vitamin, mineral, enzim dan khasiatnya berbanding lima kali lipat dari lebah biasa. Kandungan energi 100 gram madu, setara dengan 50 butir telur ayam.

Selain itu, dalam perawatan, Lebah Klanceng tidak perlu diberi makan. Karena lebah akan pergi mencari makan dan pulang ke kandang (Stup) pada waktunya. Meski demikian diharapkan dilingkungan ternak lebah harus ada bunga, tumbuhan nan asri.

“Bagi yang ingin menjadi mitra usaha atau 1 orang setiap kecamatan, bisa langsung datang ke Kantor Cabang Pekanbaru. Budidaya lebha klanceng (Galo-galo) sangat berpotensi dengan baik ke depan,” terang Asri.