Kenalkan Aplikasi e-HDW, Tim Pencegahan Stunting Bengkalis Keliling Kecamatan

Sabtu, 12 Juni 2021

Hadi Prasetyo

BENGKALIS, Riautribune.com - Tim Koordinasi Percepatan Pencegahan Penanggulangan Stunting Kabupaten Bengkalis akan terus keliling kecamatan untuk menggelar bimbingan teknis pembekalan pemanfaatan aplikasi e-HDW.

 

“Insya-Allah sesuai agenda, mulai pekan keempat Juni, hingga awal Juli, kita akan membekali para Kader Pembangunan Manusia (KPM) stunding di setiap desa, terkait aplkasi e-HDW (e-Human Development Worker),” ujar Ketua Tim Teknis Pencegahan dan Penanganan Stunting Kabupaten Bengkalis, Hadi Prasetyo, Sabtu 11 Juni 2021, seperti dirilis Diskominfo Bengkalis.

 

Bimtek tersebut bertujuan meningkatkan kualitas dan penguatan para Kader Pembangunan Manusia (KPM) stunting dan aparatur desa, khususnya kepala desa untuk berperan aktif untuk mencegah dan penanggulangan masalah stunting.

 

“Diharapkan melalui bimbingan teknis ini, kader maupun aparatur desa bisa berinovasi melaksanakan intervensi stunting di setiap desa masing-masing,” ungkap Hadi Prasetyo yang juga Kepala Bappeda.

 

Dijelaskan Hadi Prasetyo, apalagi dalam upaya penanganan stunting ini dilengkapi dengan pemanfaatan teknologi berbasis elektronik yakni aplikasi e-HDW, makanya bimtek untuk masing-masing kader dan aparatur desa ini dinilai sangat penting.

 

Sebagaimana diketahui, aplikasi e-HDW ini diluncurkan oleh Kementerian Desa PDTT, yang bertujuan untuk mempermudah tugas dan fungsi kader desa. Melalui aplikasi mobile ini, maka kader desa dapat lebih efektif mengadvokasi pemerintah desa.

 

Dikatakan Hadi selanjutnya aplikasi eHDW akan terintegrasi dengan sistem informasi EPPGBM (Elektronik Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) dr Kemenkes dan akan menjadi dasar dalam penetapan lokasi desa prioritas (Desa Merah Stunting) dan rekomendasi intervensi lintas sektor.***