Kecamatan Bengkalis dan Bukit Batu Penyumbang Terbanyak Kasus Covid-19

Kamis, 10 Juni 2021

ilustrasi

BENGKALIS, Riautribune.com - Kasus baru positif Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Kabupaten Bengkalis bertambah lagi sebanyak 29 orang. Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan, Kamis, 10 Juni 2021 hingga pukul 18.00 WIB, 2 kecamatan menjadi penyumbang tertinggi, yakni, Kecamatan Bengkalis dan Bukit Batu, masing-masing 8 orang.

 

"Kemudian, Mandau 7 orang, Rupat Utara 4 orang, serta Bathin Solapan 1 orang dan Pinggir 1 orang," jelas Kepala Dinas Kesehatan Ersan Saputra Th.

 

Ia menambahkan, 8 kasus baru di Kecamatan Bengkalis berasal dari 2 desa/kelurahan, Senggoro dan Rimba Sekampung, masing-masing 4 orang. “Sedangkan dari Bukit Batu, 7 warga Sungai Pakning dan 1 dari Dompas”, jelas Ersan seperti dilansir website Diskominfo Bengkalis.

 

Untuk Mandau, katanya, dari Air Jamban, Duri Barat dan Babussalam, masing-masing 2 orang. Sementara 1 orang lagi dari Pematang Pudu.

“4 kasus baru di Rupat Utara semuannya dari Tanjung Medang. Sedangkan 1 orang di Bathin Solapan dari Petani dan 1 orang di Pinggir dari Tengganau”, papar Ersan, seraya menambahkan tidak ada penambahan pasien meninggal dunia.

 

Mantan Direktur RSUD Mandau ini menjelaskan, dengan adanya 29 kasus baru hari ini, total terkonfirmasi Covid-19 menjadi 4.116 orang. “Alhamdulillah, hari ini tercatat 75 pasien yang sembuh, sehingga total menjadi 3.543 orang (86,08 persen)”, imbuhnya.

 

Sementara sisanya 410 merupakan kasus aktif dan 163 orang (3,96 persen) merupakan pasien yang meninggal dunia. “410 kasus aktif terdiri dari 360 orang (8,75 persen) menjalani isolasi mandiri da 50 orang (1,21 persen) di rawat di rumah sakit”, paparnya.

 

Di bagian lain dan untuk memutus mata rantai penyebarannya, Ersan tak henti-hentinya mengingatkan dan mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini senantiasa mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19, kapan dan dimana pun berada.

 

Kemudian, kepada mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri, dia berharap supaya senantiasa berada di kediaman masing-masing.

 

“Agar tidak menulari orang lain, bagi yang menjalankan isolasi mandiri, tak boleh bepergian kemana pun. Jangan melakukan kontak erat dengan siapa pun”, tutup Ersan. ***