Komisi V Harapkan Melalui Transparansi Anggaran, Bisa Mengurai Persoalan Pandemi.

Kamis, 06 Mei 2021

PEKANBARU: Tersebar tingginya angka Covid, dan berjatuhannya korban di kalangan masyarat maka DPRD Riau khususnya komisi V meminta Pemprov melakukan transparansi anggaran sebagai bagian dari akuntabilitas publik atas penggunaan anggaran yang selama ini telah digunakan selama pandemi. Demikian diungkapkan oleh ketua Komisi V DPRD Riau Eddy A Mohdy Yatim, Sos, MSI ketika menggelar rapat bersamat tim gugus tugas Covid 19, Rabu (5/5) di Ruang Medium DPRD

“Langkah ini adalah murni sebuah akuntabilitas kita kepada masyarakat, bahwa apa saja yang telah dilaksanakan, sehingga bukan terilustrasi pada kondisi yang hari ini, dimana Riau berada di posisi nomer dua dalam peningkatan Covid. Ini juga bukan bagian dari mencari salah siapa, tetapi keinginan kita untuk mengurai masalah yang ada, kita ingin anggaran yang ada digunakan pada kebutuhan yang tepat, dan sesuai dengan kondisi yang dihadapi oleh masyarakat Riau hari ini,”Ucap Eddy A  Mohd Yatim yang juga didampingi pimpinan Komisi V, Wakil ketua Soniwati SH, dan Sekretaris Hj.Sulastri Sos,MH

DPRD telah mendorong sejumlah upaya, pertama untuk program Yustisi tahun 2020, DPRD telah mengeluarkan Perda kesehatan nomer 4, tinggal lagi bagaimana upaya kita untuk melakukan penegakkannya, dan beberapa program yang seharusnya mendukung keberadan produk hukum ini.

Hal kedua, Komisi V juga telah mengeluarkan rekomendasi di tahun 2020, kita berharap ada sebuah link and macth antara temuan lapangan, dengan program aksi. Sejumlah anggota komisi V, Soniwati SH, Hj Sulastri SH,MH, Kasir ST, Marwan Yohanes, Zulkifli Indra, M Aulia, menegaskan bahwa “Salus populi Suprema Lex esto, bahwa keselamatan rakyat adalah diatas segala-galanya.”

“Kepada tim gugus tugas kita berharap, langkah dan progamnyta benar-benar terintegrasi, tim yang melaksanakan program sesuai dengan analisis, bukan hanya tim dalam SK saja. Kedua, kita ingin Pemprov lebih maksimal memainkan peran penting perguruan tinggi, sehingga ada analisis yang mendalam sebelum benar-benar menjalankan program. Oleh karenanya, kita komisi V juga meminta, agar seluruh perguruan tinggi di Riau berkenan mendedikasikan pengetahuan dan upaya bersama, dalam kondisi yang hari ini cukup mengiris hati kita bersama, untuk Riau,”Ucap Eddy Yatim.