Riau Antisipasi Imigran Masuk dari Malaysia dan Singapura

Selasa, 13 April 2021

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengantisipasi imigran yang masuk dari Malaysia dan Singapura melalui tiga pelabuhan yang ada di Provinsi Riau.

Demikian diutarakan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar usai rapat koordinasi dengan Menkopolhukam dalam rangka menyambut Ramadan dan Idul Fitri, di Gedung Daerah Pekanbaru secara virtual.

Gubri mengatakan dalam rapat koordinasi tersebut, Menkopolhukam meminta agar Pemprov Riau mengantisipasi imigran dari Malaysia dan Singapura.

"Makanya jelang lebaran kita perlu mengantisipasi kepulangan imigran dari Malaysia dan Singapura yang melalui pelabuhan Riau," kata Gubri, Senin (12/4/2021).

Gubri mengatakan, meski saat ini bandara dan pelabuhan untuk kedatangan internasional belum dibuka namun kepulangan imigran perlu diantisipasi.

"Karena bisa saja arusnya nanti melalui Batam atau Karimun, makanya pelabuhan yang perlu diantisipasi itu di Dumai, Bengkalis dan Mengkapan Siak. Itu pelabuhan yang perlu diantisipasi dalam rangka mengantisipasi kepulangan imigran," terangnya.

Gubri menambahkan, imigran yang diantisipasi bukan hanya warga Riau, namun juga warga di provinsi tetangga seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat maupun dari pulau Jawa. (ckp)