Forkopimda Kawal Distribusi Logistik

Selasa, 08 Desember 2015

RENGAT-riautribune: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Inhu mulai melakukan distribusi logistik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu untuk Kecamatan Batang Gansal dan Batang Cenaku, Ahad (6/12) kemarin. Pendistribusian logistik untuk dua kecamatan ini dikawal langsung Penjabat (Pj) Bupati Inhu H. Kasiaruddin bersama anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Bahkan pada kesempat tersebut, rombongan Penjabat Bupati Inhu bersama Forkopimda langsung memantau distribusi logistik sampai ke Desa Rantau Langsat yang akan didistribusikan ke Dusun Air Bomban. Untuk mencapai daerah ini harus dilakukan dengan menggunakan saranaa transportasi sungai, yakni menggunakan sampan.

Proses distribusi logistik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu menuju Dusun Air Bomban ini memakan waktu hingga 6 jam. Selain distribusi logistik, petugas juga memberitahukan kepada masyarakat yang umumnya bermukim di sepanjang aliran Sungai Gansal untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada dan memberikan hak suaranya.

Ikut mendampingi Pj. Bupati H. Kasiaruddin yakni Ketua KPU Inhu Muhammad Amin, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Batang Gansal dan Batang Cenaku serta sejumlah aparat kepolisian. “Distribusi logistik dimulai dari Kantor KPU Inhu menuju Kantor Camat Batang Gansal dan Batang Cenaku. Dari Kantor camat, logistik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu langsung didistribusikan ke desa-desa oleh masing-masing PPS dengan dikawal oleh aparat dari kepolisian,” ujar Ketua KPU Inhu Muhammad Amin.

Dijelaskan Amin, distribusi logistik untuk dua kecamatan ini didahulukan karena terdapat sejumlah desa yang sulit aksesnya. Di samping jauh, bahkan untuk mencapai desa tersebut harus ditempuh dengan menggunakan jalur sungai seperti Dusun Air Bomban dan Dusun Datai, Desa Rantau Langsat. “Untuk hari pertama ini, distribusi logistik hanya untuk dua kecamatan yakni Batang Gansal dan Batang Cenaku. Sedangkan untuk hari Senin terdapat 7 kecamatan dan hari Selasa 4 kecamatan,” jelasnya.

Tujuh kecamatan yang akan didistribusikan logistiknya Senin yakni Batang Peranap, Peranap, Rakit Kulim, Kelayang, Lubuk Batu Jaya, Lirik, Sungai Lala dan Pasir Penyu. Sedangkan pada hari Rabu Kecamatan Kuala Cenaku, Rengat, Rengat Barat dan Seberida. Ditambahkan Muhammad Amin, distribusi untuk beberapa wilayah, terutama di daerah yang aksesnya sulit di Kecamatan Batang Cenaku dan Rakit Kulim juga dibantu dengn kendaraan offroad dari Komunitas offroad Rengat.

Sementara itu, Pj. Bupati Inhu H Kasiaruddin mengungkapkan bahwa distribusi logistik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu untuk Kecamatan Batang Gansal dan Batang Cenaku secara umum berjalan lancar sesuai mekanisme yang telah ditetapkan KPU Inhu. Dalam proses pendistribusian logistik ini, Pemkab Inhu memberikan dukungan penuh terutama menyediakan kendaraan 4WD agar proses distribusi berjalan lancar. “Kita berharap proses distribusi logistik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu ini terlaksana dengan baik tanpa ada kendala berarti untuk seluruh kecamatan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Inhu H. Kasiaruddin menghimbau seluruh masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember 2015. Sehingga partisipasi pemilih di Kabupaten Inhu pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015 ini meningkat dan memenuhi target dari KPU Inhu. (adv/hms-ehm)