Vaksin COVID-19 Dimulai, Ketua DPRD Dumai Pertama Disuntik

Selasa, 02 Februari 2021

DUMAI - riautribune : Pencanangan vaksinasi COVID-19 di Kota Dumai, Provinsi Riau, resmi dimulai, diawali penyuntikan pertama Ketua DPRD Agus Purwanto dan diikuti sejumlah pejabat daerah serta tenaga kesehatan, Senin.

Penjabat Walikota Dumai Jonli saat membuka pencanangan vaksinasi COVID-19 di gedung daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung ini mengajak masyarakat untuk menyukseskan upaya meningkatkan kekebalan tubuh tersebut agar terhindar dari penularan virus korona.

Pemerintah akan menjalankan tugas dan tanggungjawab dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat, khususnya agar terhindar dari virus korona selama pandemi. "Pandemi ini telah terjadi hampir satu tahun, dan COVID-19 membawa perubahan signifikan sekaligus berdampak pada kehidupan sosial serta ekonomi masyarakat," kata Jonli kepada pers.

Dijelaskan, vaksinasi menjadi salah satu solusi dan harapan untuk bangkit dari persoalan pandemi ini, dan diharap masyarakat mendukung penuh pencanangan vaksinasi COVID-19 untuk membentuk kekebalan komunitas. "Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada para tokoh publik di Dumai yang akan memberikan teladan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman dan halal," sebut Jonli.

Kepada seluruh tenaga kesehatan, Pj Walikota Dumai Jonli mengapresiasi kinerja serta pengabdian tenaga medis dalam menangani pandemi COVID-19, baik dimulai dari upaya edukasi, pencegahan, traking, testing dan pengobatan, bahkan sampai pemulasaran dan penguburan jenazah.

Sementara, Ketua DPRD Dumai Agus Purwanto berharap melalui pencanangan vaksin COVID-19 ini dapat menumbuhkan optimis masyarakat agar mau divaksin untuk meningkatkan imunitas tubuh. Legislator dari Partai Demokrat ini mengaku tidak merasakan gejala apapun setelah divaksin, dan semuanya berjalan normal, dan dia mengajak masyarakat mendukung vaksinasi tersebut.

Alur pemberian vaksin diawali melakukan pendaftaran, skrining, dilanjutkan pemberian vaksin kemudian pencatatan dan pelaporan, selanjutnya diberikan kartu vaksinasi COVID-19 sebagai tanda bukti sudah divaksin.

Hadir pada kegiatan pencanangan vaksin COVID-19 ini, Sekda Herdi Salioso, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Waka Kejati Riau, Ketua DPRD Dumai, Kapolres Dumai, Dandim Dumai, Kajari Dumai, Perwakilan BPPSDM Kemenkes RI dan tamu undangan lain.(antr)