Riau Berencana Bangun PLTS Rooftop di Gedung-gedung Pemerintahan

Rabu, 30 Desember 2020

PEKANBARU - riautribune : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap bangunan atau Rooftop di gedung-gedung Pemerintahan di Provinsi Riau. Saat ini pihak ESDM Riau tengah melakukan survei.

 

Hal ini disampaikan oleh Rudy Hartono selaku perwakilan ESDM Riau dalam kegiatan webinar Potensi Energi Terbarukan di daerah untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Riau yang digelar oleh Indonesian Parliamentary Center (IPC) bersama dengan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Riau, Selasa (29/12/2020). Ia mengatakan pemasangan Rooftop ini sebagai upaya untuk konservasi dan efisiensi energi di gedung-gedung pemerintah.

 

"Sekarang ini kita fokus ke gedung pemerintah Provinsi Riau, belum menjamah ke Kabupaten/Kota," ujar Rudy Hartono, Selasa (29/12/2020). Ia mengatakan pembangunan Rooftop di gedung pemerintah ini dilakukan karena pihaknya ingin memberikan contoh ke masyarakat Riau, bahwa Pemprov Riau komitmen mendukung Riau hijau.

 

"Jadi kita sekarang lagi mensurvei gedung-gedung Pemprov yang layak dibangun Rooftop itu yang sekarang sedang kita lakukan melalui APBN dan APBD. Kalau nantinya menggunakan APBD tentu butuh dukungan dari pihak dewan juga," sebutnya.

 

Disampaikan Rudy, jika hal ini sudah efektif di Pemerintah, tentunya di perumahan masyarakat juga akan difasilitas, mulai dari soal perizinannya hingga negoisasinya dengan pihak PLN.

 

"Kita sudah komitmen dengan PLN mengenai hal ini. Kita juga sudah melakukan studi banding dengan BUMD di Bali dan kita juga akan mengikuti langkah Bali yang telah melakukan kerjasama dengan PLN. Kita sedang menyiapkan konsep perjanjian kerjasamanya dengan PLN yang sesuai dengan karakteristik Riau," tutupnya.(ckp)