Cuit Emil Salim dan Faisal Basri Soal Menteri Baru Jokowi, dari Risma hingga BGS

Rabu, 23 Desember 2020

JAKARTA - riautribune : Guru Besar Emeritus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Emil Salim dan dosen UI Faisal Basri mencuit soal menteri-menteri baru dalam kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

 

Menurut Emil, Tri Rismaharini pemimpin lapangan yang ditunjuk sebagai Menteri Sosial. Adapun Sandiaga Uno yang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan usahawan terkemuka. Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan sebagai manager dan Muhammad Luthfi yang menjadi Menteri Perdagangan merupakan usahawan.

 

"Contoh teknokrat yang tidak tenggelam dalam politik jadi pilihan Presiden Jokowi membantu beliau. Selamat!," kata Emil dalam akun Twitternya, Selasa, 22 Desember 2020. Dia juga menyoroti Indonesia tertinggal dalam 3T = testing-tracing-treatment Covid-19, sehingga "berperang” dengan virus corona tanpa mengetahui di mana musuh bersembunyi.

 

"Mungkinkah Menkes Sadikin galakkan 3-T agar 'perang lawan Covid' lebih rasional?" kata dia.

Selain Emil Salim, dosen UI Faisal Basri mencuit di akun Twitter-nya soal reshuffle kabinet. "Muncul setitik harapan dengan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Ia tahu apa yang harus dilakukan. Science dan data jadi basis pengambilan keputusan yang dibantu para ahli yang mumpuni. Insya Allah," tulis Faisal.

 

Rabu sore Jokowi mengumumkan reshufffle kabinet dengan enam menteri baru. Adapun enam menteri baru yang diumumkan Jokowi dalam reshuffle kabinet kali ini, yakni; Risma sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

 

Lalu, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.(tmpo)