Pj Bupati Ajak Warga Datangi TPS

Rabu, 02 Desember 2015

Ilustrasi Internet

RENGAT-riautribune: Pj. Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H. Kasiaruddin, SH beharap tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Inhu pada Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tanggal 9 Desember Rabu pekan depan sedikitnya mencapai 77 persen. Target itu optimis tercapai jika antusias dan pro aktif seluruh lapisan Masyarakat yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) dengan sadar memberikan hak suaranya sesuai hati nurani ke tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing.

"Ayo beramai-ramai ke TPS dan berikan hak pilih serta pilih salah satu balon pasangan kepala daerah sesuai hati nurani," ajak Pj. Bupati Inhu, Selasa (1/12).

Kasiaruddin mengaku memang tidak ada sanksi kepada pemilih yang tidak memberikan hak suara pada Pilkada serentak nanti. Namun perlu diketahui, hak suara memilih tesebut bahagian dari penentuan "nasib" masyarakat Inhu selama lima tahun mendatang.

Menurutnya, salah satu cara Pemkab Inhu mendongkrak partisipasi pemilih antara lain dengan mensosialisasikan Pilkada dan manfaat Pilkada hingga ke pedesaan. Cara tersebut dilakukan dengan target agar pemilih bisa mencapai 95 persen. "Insya Allah jika sosialisasi tesebut terlaksana dengan maksimal jangankan sebanyak 77 persen 95 persen pemilih akan tercapai," katanya dengan nada optimis.

Sebab, tambah Pj. Bupati, dengan sosialisasi sadar pemilih, pendapat keliru yang ada di tengah masyarakat dengan istilah “siapapun bupatinya kehidupan masyarakat Inhu tetap seperti itu juga," akan terkikis. "Pendapat seperti itu pemikiraan yang keliru,” sambung Kasiaruddin.

Di tempat terpisah, pendapat Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kabupaten Inhu H. Zulkifli Gani, salah satu hal yang menyebabkan masyarakat apatis mensukseskan Pilkada dikarenakan kurang maksimalnya sosialisasi. "Sosialisasinya kurang maksimal," sindir Zulkifli.
       
Namun demikian, sebagai wukud tanggung jawab moral, LAMR Inhu katanya sekuat tenaga dan pikiran akan berusaha membantu pemerintah  mengajak warga untuk beramai-ramai mendatangi TPS dan memberikan hak pilihnya.

Sebelumnya penyelengara Pilkada, KPU Inhu, mengupdate total pemilih di 14 kecamatan se-Kabupaten Inhu mencapai 295.316 jiwa. Dengan jumlah pemilih terbanyak berada di Kecamatan Rengat, disusul Rengat Barat dan urutan ke tiga terbanyak pemilih di Kecamatan Siberida dan terkecil di Kecamatan Lubukbatu Jaya sebanyak 14.799 pemilih. (san)