Komisi V DPRD Riau Harap Beasiswa Disdik Pada yang Berhak dan Berprestasi

Senin, 07 Desember 2020

Sekda Provinsi Riau, Yan Prana Jaya menerima rekomendasi dari Ketua Komisi V, Eddy A Mohd Yatim.

PEKANBARU-riautribune: Komisi V DPRD Riau yang membawahi bidang kesejahteraan, berharap program pemberian beasiswa benar-benar tepat sasaran dalam mendorong kemajuan Sumber daya manusia, dan bukan hanya program rutinitas belaka. Hal ini disampaikan oleh Ketua komisi V DPRD Riau Eddy A Mohd Yatim, Sos,Msi, ketika diwawancarai media baru-baru ini.

 

“Kita inginkan Pemprov Riau melalui disdik, benar-benar meletakkan parameter yang tepat dalam memberikan beasiswa. Semua siswa dan mahasiswa itu adalah anak-anak kita penerus bangsa, namun demikian, sebagai pemberi kita juga meletakkan aturan yang benar, parameter yang benar, sehingga program ini tepat sasara. Selamat bagi penerima, jaga amanah daerah, dan mari kita sumbang pikir potensi pendidikan yang ada untuk kemajuan Riau kedepan. Bagaimanapun juga adek-adek semualah nantinya yang akan melanjutkan Provinsi Riau,”Ucap alumni magister sosiologi Universitas Riau ini.

 

Pada kesempatan berbeda, Dinas Pendidikan Provinsi Riau, kembali menyerahkan beasiswa bagi 4.104 mahasiswa berprestasi, Tahfis Quran, dan Bidikmisi, untuk perguruan tinggi di Riau, dan perguruan tinggi di luar Riau, yang telah bekerjasama. Senin 7 Desember 2020, di Pekanbaru. Dari beasiswa yang diserahkan tersebut, Universitas Lancang Kuning terbanyak menerima beasiswa yakni sebanyak 752 mahasiswa berprestasi, dan bidikmisi sebanyak 241 mahasiswa. Selanjutnya Universitas Riau, 532 mahasiswa berprestasi, bidikmisi sebanyak 215 mahasiswa. Universitas Islam Negri (UIN) 486 mahasiswa berprestasi, bidikmisi 270 mahasiswa,

 

Universitas Islam Riau 541 mahasiswa berprestasi, bidikmisi 247 mahasoswa, Universitas Muhammadiyah 267 mahasiswa berprestasi, bidikmisi 240 mahasiswa, dan Politeknik Caltex 230 mahasiswa, dan bidikmisi 73 mahasiswa. Penyerahan beasiswa diserahkan oleh Gubernur Riau, yang diwakilkan oleh Sekdaprov Drs. Yan Prana Jaya, hadir Kadisdik Riau, Zul Ikram, Asisten I Setdaprov Riau. Dan dihadiri oleh seluruh rektor dan wakil rektor, serta perwakilan mahasiswa penerima beasiswa.

 

“Ini sebagai bentuk perhatian Pemprov Riau, melalui Disdik, memberikan beasiswa bagi anak-anak Riau yang berpretsasi, untuk memberikan semangat di dunia pendididikan yang penuh persaingan. Jadi anak-anak kita punya semangat dan harapan untuk tetap melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” kata Sekda Yan Prana Jaya. Dari Unilak langsung hadir Rektor Dr. Junaidi.SS.M.Hum, wakil rektor III Dr. Bagio Kadaryanto SH.MH da kepala bagian di lingkungan Unilak. Rektor Unilak Dr. Junaidi yang ditemui usai menerima beasiswa mengucapkan terima kasih kepada pemrov Riau yang telah memberikan beasiswa.

 

“Beasiswa ini sangat diperlukan masyarakat Riau, banyak anak anak kita yang perlu pembiayaan dan allhamdulillah dibantu pemrov Riau, dan ini sudah tepat bagi saya ada beasiswa bagi yang tidak mampu, ada juga beasiswa bagi yang beprestasi, ini harus dilanjutkan untuk mempercepat sumber daya manusia di Riau,” sebut Junaidi. Kebahagian wajah mahasiswa yang menerima beasiswa tampak jelas, satu diantaranya mahasiswi semester tiga Fakultas Ekonomi Unilak, Cindy (penerima beasiswa Bidikmisi), di temui usai menerima beasiswa dari Sekda Riau, Cindy mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Riau dan Unilak.

 

“Syukur alhamudlillah yaa Allah udah diberikan beasisiwa. Sejak masuk Unilak saya udah memang niat mendapatkan beasiswa, sebelum menerima beasiswa biaya di bantu Kaka, ” ujar Cindy yang memiliki IPK 3, 89.(adv)