Netralitas Camat Bukit Batu Dipertanyakan

Senin, 30 November 2015

BUKITBATU-riautribune: Himbauan Pj. Bupati Bengkalis Ahmadsyah Harrofie agar Pegawai Negeri Sipil dan Aparatur Sipil Negara (PNS/ ASN) bersikap netral dalam menghadapi Pilkada dinilai hanya retorika. Buktinya masih banyak ditemukan pejabat atau pimpinan SKPD yang menunjukkan keberpihakan terhadap calon tertentu. Hal ini semakin memperkuat dugaan bahwa himbauan Pj. Bupati tidak disertai dengan pengawasan yang ketat terhadap bawahannya.

Seperti yang disampaikan Ketua Yayasan Pengembangan Tunas Nusantara (YPTN) Suwitno Pranolo kepada sejumlah wartawan, Ahad (29/11). "Salah satu ASN pimpinan SKPD yang kita duga tidak netral adalah yang ditunjukkan Camat Bukit Batu M. Fadlul Wajdi. Dia masih terlihat bersama salah satu calon yakni Herliyan Saleh saat acara Turnamen Badminton PB Dharma Sungai Pakning beberapa hari lalu," ungkap Suwitno Pranolo sembari menunjukkan bukti foto yang didapatnya.

Dikatakan pria yang akrab disapa Ewok ini, meski kapasitas Camat Bukit Batu maupun Calon Bupati Nomor urut 2 Herliyan Saleh datang sebagai undangan, namun hal itu diduga kuat sudah disetting dan direncanakan demi meraup simpati dan suara. "Kalau memang sebagai undangan kenapa calon bupati lain tidak diundang? Ini kan kelihatan keberpihakan dan tidak netralnya Camat Bukit Batu. Kita mendesak Pj. Bupati Bengkalis maupun Panwaslu segera mengambil tindakan, jangan menutup mata," tegas Ewok.

Informasi yang diterima menyebutkan bahwa Camat Bukit Batu bersama Herliyan Saleh dan istri masing-masing hadir pada acara pembukaan Turnamen Badminton yang ditaja PB Dharma Sungai Pakning beberapa hari lalu, dalam rangka memperingati ulang tahun PB Dharma yang ke-3. Sementara Paslon lain tidak diundang panitia, sehingga terlihat kental aroma keberpihakan dan tidak netralnya Camat Bukit Batu.

Hal yang sama disampaikan Ketua Yayasan Talang Anak Negeri Martias MS. Menurutnya Pj. Bupati harus membuktikan ucapannya untuk menindak PNS/ ASN yang tidak netral. "Saat inilah Pj. Bupati Bengkalis harus membuktikan ucapannya untuk menindak tegas ASN yang tidak netral. Sudah dua kali diberitakan Camat Bukit Batu ditemukan hadir bersama Herliyan Saleh dalam satu acara. Padahal kapasitas Herliyan bukan lagi sebagai Bupati, jadi kita menduga kuat Camat Bukit Batu tidak netral," desak Martias. (afa)