Dua Pemain Muda asal Brasil Resmi Perkuat Arema FC

Jumat, 21 Agustus 2020

MALANG - Arema FC memastikan telah merekrut dua pemain muda asal Brasil, yakni Hugo Guilherme Corre Grillo dan Pedro Henrique Bartoli, dan menjadi bagian investasi jangka panjang. Keduanya direkrut setelah menjalani seleksi beberapa hari terakhir bersama skuad Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, mengatakan perekrutan kedua punggawa asal Brasil itu merupakan bagian investasi jangka panjang yang menjanjikan. Mengingat Pedro Henrique Bartoli Jardim yang berposisi sebagai penyerang yang masih berusia 19 tahun dan Hugo Guilherme Correa Grillo di posisi bek yang masih berusia 18 tahun.

“Brazil adalah salah satu negara produsen pemain berkualitas. Kebetulan, Arema FC mendapatkan tawaran untuk merekrut pemain pemain muda, yang mereka juga sangat berkeinginan untuk menerpa kompetisi di usia muda di Indonesia. Maka, kami menyambutnya. Ini bagian dari investasi jangka panjang,” ungkap Ruddy dalam rilis yang diterima okezone, Kamis (20/8/2020).

Ruddy menambahkan inisiatif klub Liga 1 untuk melakukan rekrutmen jangka panjang itu, diharapkan Ruddy, diapresiasi oleh pemerintah dan PSSI. Utamanya, lanjut Ruddy, dalam hal regulasi kompetisi, harapannya federasi mengakomodir keberadaan pemain U-20, termasuk bagi pemerintah juga diharapkan membantu terkait administrasi status kewarganegaraannya.

“Investasi pemain asing muda ini penting, untuk merangsang pembinaan usia dini agar menciptakan iklim persaingan yang kompetitif. Selain itu, klub dapat mengelola pemain yang bersangkutan menjadi aset klub yang berharga nantinya saat menghadapi musim rekrutmen pemain baru,” tutur pria kelahiran Madiun tersebut.

Momentum menyambut Piala Dunia U-20 tahun depan, ini juga merangsang persaingan para pemain pemain muda, tidak hanya dari luar Indonesia, yang berkeinginan meniti karier di Indonesia. Dengan demikian diharapkan kondisi ini menciptakan persaingan yang berkualitas yang mampu merangsang para pemain lokal.

“Tanpa bermaksud mengurangi rasa hormat kita kepada para pemain lokal di Timnas. Adanya investasi jangka panjang pemain pemain asing ini diharapkan juga ada transfer pengetahuan, skill antar pemain asing dan lokal. Dampaknya pasti akan positif dan kelak akan dirasakan terjadi peningkatan kualitas,” tambah Ruddy.

“Bagi kami, Akademi Arema juga dapat menimba ilmu dari kedua pemain tersebut. Bagaimana Brazil mampu memproduksi pemain pemain muda berkualitas, dan didistribusikan serta banyak di minati berbagai negara," lanjut Ruddy.

"Bahkan, juga sebagian besar mereka bersedia untuk di naturalisasi di negara tertentu untuk mengangkat derajat kariernya dan jam terbang di sepakbola,” tuturnya.

Sebelum direkrut Arema FC, Pedro tercatat sebagai striker klub GD Chaves U-19 yang berkompetisi di Portugal Liga Juniores U-19 musim 2019-2020. Sedangkan Hugo Gilherme Correa Grillo merumput di Cuiaba Esporte Clube U-20 pada Copa do Brasil U-20 dan Sao Paulo Youth Cup.(okz)