PAN Riau Akan Gelar Muswil 29 Juli Ini

Kamis, 09 Juli 2020

PEKANBARU  - riautribune : Musyawarah Wilayah (Muswil) VI Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Riau akan diselenggarakan akhir Juli ini. Ketua Panitia Pengarah (Steering Committee/ SC) Muswil VI DPW PAN Riau, T Zulmizan F Assagaff mengatakan, dengan berakhirnya masa jabatan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Riau Periode 2015 - 2020, maka PAN akan segera menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) VI PAN Provinsi Riau. Saat ini telah dibentuk kepanitiaan yang terdiri dari Panitia Pengarah (Steering Committee/ SC) dan Panitia Pelaksana (Organizing Committee/ OC).

"Merujuk keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PAN tahun 2020, telah ditetapkan bahwa DPW PAN seluruh Indonesia diinstruksikan menggelar Muswil paling lambat Juli tahun 2020 ini. Berdasarkan Rapat Harian DPW PAN Provinsi Riau tanggal 4 Juli 2020, telah ditetapkan bahwa Muswil VI PAN Riau akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2020," kata Zulmizan.

DPW PAN Riau sendiri, kata Zulmizan, telah mengirim surat resmi kepada DPP PAN untuk minta persetujuan jadwal dimaksud dan saat ini sedang menunggu konfirmasi persetetujuan DPP PAN.

"Sesuai dengan AD/ ART PAN, Muswil adalah institusi pengambil keputusan tertinggi di tingkat provinsi yang berwenang untuk menjabarkan hasil Kongres dan kebijakan DPP. Membahas Laporan Pertanggungjawaban DPW (periode berjalan) tentang pelaksanaan program kerja, kebijakan, dan keuangan partai. Serta menetapkan rekomendasi kebijakan partai di tingkat provinsi. Yang terpenting adalah memilih dan menetapkan Ketua formatur/ Ketua DPW dan Anggota Formatur, memilih dan menetapkan Ketua Majelis Penasihat Partai Wilayah," cakap Zulmizan lagi.

Lebih lanjut Zulmizan mengatakan, Panitia Pengarah Muswil VI PAN Riau telah membuat pengumuman terbuka tentang Pendaftaran Bakal Calon Formatur Pengurus DPW PAN Riau Periode 2020 - 2025. Sesuai ketentuan, pendaftaran ini harus diumumkan selambat-lambatnya 7 hari sebelum pendaftaran dibuka atau 15 hari sebelum pelaksanaan Muswil dan ditutup 7 hari sebelum hari H.

"Sesuai pengumuman Panitia Pengarah, pendaftaran Bakal Calon Formatur dibuka mulai tgl 14 Juli 2020 sampai 1 Juli 2020 Pukul 17.00; WIB. Dengan dilengkapi dengan daftar persyaratan bagi para peminat," cakapnya lagi.

Zulmizan menambahkan, sesuai dengan AD/ART PAN, Peserta Muswil terdiri dari 1 orang utusan DPP, Pengurus Harian DPW, Ketua Majelis Penasihat Partai Wilayah (MPPW), Ketua dan Sekretaris DPD kabupaten/kota dan Ketua DPC. Jika merujuk ketentuan ini, diperkirakan Muswil PAN Riau akan diikuti oleh sekitar 280 Peserta. Jika ditambah sekitar 20 Peninjau, maka jumlah total Partisipan adalah sekitar 300 orang (Peserta dan Peninjau).

"Nah, mengingat saat ini masih dalam suasana 'new normal' pandemi Covid-19, maka diprediksi kemungkinan besar Muswil VI PAN Riau akan digelar secara virtual. Namun, untuk kepastian teknis pelakaanaannya, Panitia dan DPW PAN Riau msh menunggu Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) resmi dari DPP PAN," imbuh Zulmizan.(ckp)