Jika 2 Pekan Tidak Ada Penambahan Positif Covid-19, Pekanbaru Bisa Kembali ke Zona Hijau

Rabu, 08 Juli 2020

PEKANBARU - riautribune: Walikota Pekanbaru, Firdaus, menyebutkan, saat ini rasio penularan Corona Virus Disease atau Covid-19 dibawah 1. Jika tidak ada penambahan pasien positif dalam dua pekan, maka Kota Pekanbaru bisa masuk zona hijau.

Saat ini Kota Pekanbaru berada dalam Zona Kuning. Sebelumnya, Kota Madani kembali masuk Zona Merah karena ada penambahan kasus positif Covid-19 dari klaster BRI dan klaster Pelembang.

"Alhamdulillah kita sekarang berstatus zona kuning, pasien positif Covid-19 yang masih dirawat tinggal 9 orang dan rasio penularan kita 0,8. Kalau dua minggu ke depan tidak ada lagi yang dirawat, kita bisa masuk zona hijau," ujar Firdaus, Selasa (7/7/2020).

Firdaus meminta masyarakat agar masyarakat tetap waspada dan bersikap jujur jika mengalami gejala-gejala seperti Covid-19. "Segera lakukan pemeriksaan ke tempat layanan kesehatan atau rumah sakit," ucapnya. Sejauh ini sudah 11 kecamatan dilakukan rapid test massal. Rapid test ke 11 dilakukan Kecamatan Senapelan, dan agenda selanjutkan akan dilakukan di Kecamatan Limapuluh.

Rapid test tidak akan berhenti dilakukan. "Kita akan mulai lagi secara acak di wilayah yang kita curigai kemungkinan banyak penularan," ucapnya. Tim juga menyasar lokasi yang pergerakan masyarakatnya cukup tinggi. Mereka bakal mensterilkan kawasan tersebut.

Firdaus mengatakan, tim menyediakan 500 alat rapid test bagi masyarakat. Sedangkan untuk layanan publik, Firdaus mengajak masyarakat untuk disiplin. (hrc)