Meskipun PSBB Berakhir, Bansos Tetap Dilanjutkan

Sabtu, 06 Juni 2020

Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Syahrial Abdi saat memberikan keterangan.

PEKANBARU-Riautribune: Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di enam daerah di Riau sudah dihentikan, namun bantuan sosial berupa uang tunai kepada masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 akan tetap dilanjutkan. Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Syahrial Abdi, mengatakan, untuk bantuan sosial dari Pemprov Riau melalui program bantuan langsung tunai (BLT) sesuai skenario yang dibuat, dianggarkan untuk tiga bulan yakni Mei, Juni, dan Juli.

 

"Meskipun PSBB sudah selesai, tapi BLT ini tetap dilanjutkan. Karena bantuan tersebut termasuk dalam jaring pengaman sosial, yakni bantuan yang diberikan akibat dampak Covid 19," katanya, Jumat (5/6). Dampak akibat Covid-19 ini, lanjut Syahrial, bisa saja terjadi setelah PSBB. Karena meskipun PSBB sudah dihentikan, pandemi Covid-19 belum juga berakhir sehingga pihaknya mempersiapkan bantuan tersebut hingga tiga bulan lamanya.

 

"Bantuan yang sudah disalurkan ke kabupaten/kota beberapa waktu lalu, dikirimkan untuk Mei dan Juni. Jadi yang belum disalurkan hanya tinggal satu bulan lagi,"ujarnya. Terkait bantuan yang sudah disalurkan  pihak Pemprov Riau masih menunggu evaluasi dari dinas terkait. Evaluasi ini penting dilakukan untuk mengetahui sudah sejauh mana bantuan tersebut disalurkan kepada masyarakat, dan apakah semuanya sudah tepat sasaran.

 

"Kalau masih ada yang belum tepat sasaran, penerimanya tergolong mampu maka untuk penyaluran bulan ketiga bisa diganti,’’ujarnya.(sal)