Victor Igbonefo: Mimpi ke Eropa, Kenyataan di Asia Tenggara

Selasa, 05 Mei 2020

RIAUTRIBUNE.COM - Perjalanan karier Victor Igbonefo di sepakbola tak mulus. Sempat bermimpi ke Eropa, namun cuma berlabuh di Asia Tenggara. 

Igbonefo adalah bek yang berasal dari Nigeria. Dia mengawali karier sepakbola di tanah kelahiran dengan memperkuat First Bank.

Sebagai pesepakbola, dia punya impian bermain di Eropa. Cita-cita yang banyak dilakukan oleh pemain top asal benua Afrika. 

Pada kenyataannya, karier Eropa tak pernah ada untuk pria 34 tahun ini. Dia lantas cuma bisa mengarungi Asia Tenggara dengan membela klub-klub di Indonesia dan Thailand.

"Melalui akademi sepakbola, saya berharap menuju Eropa, tapi tidak ada," kata Igbonefo seperti dikutip dari situs resmi Persib Bandung. 

Gagal ke Eropa tak membuat Igbonefo patah hari. Dia terus berlatih hingga akhirnya mengadu nasib di Indonesia untuk gabung Persipura Jayapura dan merasakan banyak gelar di Jayapura.

Kini Igbonefo sudah berkostum Persib. Dia juga dinaturalisasi menjadi warga Indonesia untuk memperkuat timnas Merah-Putih sejak 2013. 

"Dari turnamen aku dipinang salah satu klub profesional terbaik. Salah satu tim yang banyak mengorbitkan pemain muda potensial. Dari sana aku kemudian ke Persipura," Igbonefo menambahkan. / "Aku akan terus berproses karena dalam sepakbola itu bagus," ucapnya.(dsc)