Kemenkominfo Temukan 54 Hoaks Terkait Corona

Senin, 03 Februari 2020

JAKARTA -- riautribune : Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta masyarakat tidak langsung mempercayai informasi yang beredar di dunia maya tentang virus Corona. Imbauan ini dirilis setelah ditemukan puluhan hoaks di media sosial. Kementerian mencatat terdapat 54 hoaks mengenai virus Corona yang beredar di media sosial maupun aplikasi pesan instan sejak 23 Januari hingga 3 Februari.


"Jangan terlalu cepat meneruskan informasi yang belum tentu kebenarannya," kata Menteri Kominfo Johnny G Plate saat jumpa pers di Jakarta, Senin (3/2). Hoaks berkaitan dengan virus Corona yang beredar antara lain menyebutkan sudah ada pasien meninggal akibat penyakit tersebut di Indonesia. Ada pula hoaks bawang putih yang disebut bisa menyembuhkan penyakit Corona.


Berdasarkan pantauan kementerian, sebaran hoaks yang berkaitan dengan virus Corona cenderung meningkat. Pada 31 Januari lalu, ada 36 hoaks yang berkaitan dengan Corona. Kominfo menindaklanjuti temuan tersebut dengan memblokir konten-konten hoaks dan disinformasi yang berkaitan dengan Corona.


Dalam acara yang sama, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Pangerapan menyatakan mereka akan menindak tegas orang-orang yang menyebarkan hoaks yang berkaitan dengan virus Corona. Kominfo akan menindak melalui kerja sama dengan kepolisian. (rep)