Gubernur Riau Diminta Surati Bupati Hingga Camat Siaga Karhutla

Rabu, 08 Januari 2020

PEKANBARU  - riautribune : Wakil Ketua DPRD Riau, Asri Auzar meminta gubernur Riau untuk segera menyurati Bupati/Walikota hingga Camat untuk segera siaga Karhutla. Hal ini diminta DPRD karena melihat data dari BMKG dimana titik panas di Riau semakin bertambah dari hari ke hari.

Untuk diketahui, titik panas (hotspot) di Provinsi Riau bertambah lagi, Rabu (8/1/2020). Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hari ini ada 9 titik panas terpantau di Bumi Lancang Kuning itu.

Selain menyurati kepada daerah, DPRD juga meminta UPT Kementerian LHK membuat kanal di hutan, dan perusahaan juga diminta membantu mencegah Karthutla.

"Kita ingin semua siaga. Mulai dari Bupati, Camat, semua. Kita juga minta Pemprov berkoordinasi dengan Kementerian LHK," cakap Asri.

Meskipun di awal tahun belum terlalu terlihat kebakaran hutan, Asri meminta semua pihak tetap waspada, mengingat daerah ini rentan dengan Karhutla.

"Kita minta semua tetap siaga. Riau ini sangat rentan dengan Karhutla. Jadi harus siap siaga dari sekarang, jangan tunggu sampai api membesar, dan meluas" tukasnya. (ckp)