Sungai Kuantan Meluap, Sejumlah Wilayah di Kuansing Terendam Banjir

Senin, 23 Desember 2019

TELUK KUANTAN - Sejumlah wilayah Kuansing yang berada di sekitar sungai Kuantan kembali siaga banjir dan longsor. Banjir ini terjadi karena luapan Sungai Kuantan. Wilayah Kuansing yang terkena banjir tersebut mulai dari wilayah hulu sampai hilir Sungai Kuantan. Ribuan rumah pun sudah terendam banjir.


"Banjir kembali datang," kata kepala bidang bencana Dinas Sosial dan Pembangunan Masyarakat Desa (PMD) Kuansing, Irhandi SSos, Senin (23/12/2019). Namun Irhandi belum mendapatkan data keseluruh wilayah Kuansing yang terendam banjir. Begitu juga dengan jumlah rumah yang terendam.


Camat Kuantan Mudik Sadarisnah mengatakan wilayahnya termasuk terdampak banjir. Banjir di wilayah hulu Sungai Kuantan ini sudah terjadi sejak Sabtu lalu (21/12/2019). "Ada 10 desa yang terdampak dengan 385 rumah yang terendam," kata Sadarisnah, Senin (23/12/2019).


Wilayah hilir Sungai Kuantan, Kecamatan Pangean sendiri sudah terkena banjir sejak Sabtu lalu. Ada 14 desa yang terdampak dan ribuan rumah sudah terandam. "Sama seperti banjir pekan lalu itu. 14 desa terendam lagi dan ribuan rumah juga terendam," kata Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra, Senin (23/12/2019).


Beberapa kecamatan lainnya, yang berada di wilayah Sungai Kuantan, dipastikan sudah terdampak. Seperti Kecamatan Gunung Toar, Kuantan Tengah, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Benai, Cerenti dan lainnya. (tp)