Wapres JK: Ini Hari Terakhir Saya Kerja Jadi Wakil Presiden

Jumat, 18 Oktober 2019

JAKARTA - riautribune : Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berkesempatan untuk memberikan pidato dalam acara peluncuran Indonesia Agency for International Development (Indonesia AID) pada hari ini, Jumat (18/10/2019). Pada kesempatan itu, JK menyebut sambutannya menjadi pidato terakhir yang dia sampaikan selama 5 tahun menjabat Wakil Presiden.

 

Seperti diketahui, hari ini menjadi hari terakhir dari masa jabatan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pada 20 Oktober 2019, Jokowi akan menerima pelantikan melanjutkan kepemimpinan bersama Ma'ruf Amin, yang terpilih sebagai Wakil Presiden.

 

"Hari ini hari terakhir kerja bagi saya selama lima tahun jadi Wakil Presiden, dan pidato saya ini pidato terakhir. Kalau yang ini betul-betul terakhir, nanti sore akan makan-makan dengan presiden saja," ungkap JK di dalam acara peluncuran di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

 

JK menggambarkan, jika dalam kurun 5 tahun menjabat sudah terdapat 600 pidato yang dia sampaikan di berbagai kesempatan, maka pidato terakhir ini menjadi yang ke 601. Dia pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

JK menyampaikan, dirinya tentu banyak merepotkan pejabat Kemenlu selama lima tahun terakhir, mengingat banyaknya kunjungan baik di dalam dan luar negeri yang dia lakukan. Di sisi lain, menurutnya, Kemenlu juga telah memberikan kebijakan luar negeri yang baik, sehingga Indonesia bisa mencapai berbagai kerjasama internasional.

"Tentunya saya ingin menyampaikan terima kasih kepada jajaran yang selalu bekerja sama dan membantu selama lima tahun," kata dia. (okz)